Bali

Tatanan Hidup Baru, Tri Hita Vegan Gaungkan Gerakan Tri Hita Sehati

Owner Tri Hita Vegan, Made Sukarma (kanan depan no.1) puteranya Kadek Leon Saputra (kanan no 2)  yang berulang tahun ke-20 memberikan donasi kepada para yatim piatu saat acara mencanangkan konsep Tri Hita Sehati.

Mangupura (BBN INDONESIA) – Makanan dan hidup sehat kini menjadi tren dan gaya hidup di era New Normal atau tatanan hidup baru. Fenomena ini kian berkembang di Indonesia, termasuk Bali. Tak heran terus bermunculan restoran vegetarian ataupun vegan di berbagai tempat mengikuti kebutuhan pasar yang makin berkembang. Salah satu kuliner vegan yang eksis di Bali saat ini adalah Tri Hita Vegan.

Sudah sepuluh tahun restoran yang menawarkan aneka menu vegan ini melayani mereka yang berpantang dengan menu olahan daging, susu, termasuk telur. Mulai nasi campur, capcay hingga tipat cantok yang kesemuanya menggunakan bahan-bahan nabati seperti tepung, jagung, kedelai dan rumput laut. “Perkembangan vegan di Bali memang cukup baik, bahkan sebelum pandemi Covid-19, banyak pengunjung dari luar Bali yang juga mampir. Mereka sudah menjadi langganan kami dan banyak juga konsumen baru yang ingin menikmati hidangan vegan kami,” ungkap I Made Sukarma, owner Tri Hita Vegan, di Denpasar Selasa (21/7/2020).

Dilatarbelakangi makin bertambahnya jumlah masyarakat yang tertarik menjadi vegetarian atau vegan sehingga hal ini ditangkap pula sebagai sebuah peluang bisnis yang prospektif oleh putera kedua dari Made Sukarma yang bernama Kadek Leon Saputra.

“Karena melihat perkembangan kuliner sehat ini kian mendapatkan simpati di hati konsumen membuat Tri Hita Vegan mengembangkan sayap usahanya di empat oulet di Pulau Dewata untuk kaum millenial dan masyarakat umum. Lokasinya antara lain di antaranya di Jalan Tibung Sari 58X Dalung, Kuta Utara. Lalu di Denpasar berada di lokasi strategis food center Pojok Sudirman. Di kawasan pariwisata Pantai Berawa Canggu juga sudah ada outlet Tri Hita Vegan. Sedangkan di Jalan Kebo Iwa Gianyar juga siap melayani pecinta kuliner sehat,” papar Kadek Leon yang baru saja usai merayakan ulang tahunnya yang ke-20 bersama anak Panti Asuhan Yayasan Narayana Seva Chidren Home, Sawan Buleleng.

Acara tersebut menurut Kadek Leon sebagai wujud rasa syukur atas keberlangsungan usahanya. Made Sukarma bersama Kadek Leon menggelar bakti sosial dengan mengundang anak yatim piatu tersebut ke Tri Hita Vegan. Didampingi pengurus yayasan, beberapa anak panti asuhan ini menikmati sajian kuliner vegan di resto yang berlokasi di kawasan Jl. Tibung Sari, Dalung, Selasa (21/7).

Kadek Leon yang mengambil jurusan ekonomi bisnis di UNUD ini mengaku selama menjadi vegan sejak kecil kondisi imun tubuhnya sangat fit dan jarang sakit. “Saya tak pernah merasa lemas, justru selalu nyaman menjadi vegan karena bahannya alami dan gampang didapat di Bali. Saya ajak anak muda atau milenial agar selalu hidup sehat, vegetarian dan tidak menyakiti mahluk hidup. Mulai dari tepung, jagung, kedelai, jamur dan rumput laut. Menu favorit kami nasi genyol dan nasi campur dengan harga terjangkau. Kita tidak lagi menggunakan gluten karena menurut beberapa referensi dianggap tidak baik untuk kesehatan,” urai Kadek Leon.

Sementara itu pada kesempatan yang sama diserahkan pula bantuan donasi bagi Panti Asuhan Narayana Seva sekaligus pencanangan gerakan Tri Hita Sehati yang bergerak di bidang sosial. “Tri Hita Sehati adalah sebuah gerakan di bidang sosial untuk membantu meringankan beban sahabat, saudara kita yang kurang beruntung, tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antar golongan. Karena kita semua sama, kita bersaudara,” beber Made Sukarma soal kegiatan yang didukung Net89, Miracle Team, dan Komunitas Spirit 99 Global tersebut.

Pengusaha kuliner asal Kendran, Tegalalang, Kabupaten Gianyar ini menegaskan bahwa gerakan Tri Hita Sehati ungkapan adalah rasa syukur dan suka cita. “Kehidupan adalah karunia dan kita semua yg mempunyai kemampuan harus ingat bahwa kita bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi alam semesta,” pungkas Made Sukarma penuh makna.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close