Tuesday, 27-07-2021
Bali

Si Jago Merah Lalap Ratusan Kios Pasar Blahbatuh

TERBAKAR – Kerumunan warga menyaksikan dari kejauhan kebakaran hebat Pasar Blahbatuh, Selasa (15/6).

Gianyar (BBN INDONESIA) – Lalu-lintas di sepanjang jalan utama Blahbatuh, Gianyar mengalami kemacetan panjang. Pasalnya, masyarakat dihebohkan dengan terbakarnya Pasar Umum Blahbatuh yang berlokasi barat daya perempatan jalan hingga meludeskan ratusan kios, Selasa (15/6) sore.

20 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari berbagai kabupaten/kota di Bali nampak turut dikerahkan membantu dan berjibaku memadamkan amukan api tersebut hingga malam hari.

Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan awal musibah ini terjadi sekitar pukul 18.00 Wita, ditandai dengan kepulan asap hitam yang terlihat dari dari radius sekitar 8 kilometer. Api begitu cepat membesar dan merembet ke semua bangunan pasar.

Masyarakat dan pengguna jalan berusaha mencari tahu dan mendekati lokasi kebakaran dan situasi mencekam. Petugas kepolisian menutup arus lalu-lintas dari arah barat, timur dan utara. Petugas pemadam sempat mengalami kesulitan akses, sebab nyaris ribuan warga berjejal memadati jalan untuk menonton lebih dekat kejadian tersebut.

Diberitakan Bupati Gianyar Made Mahayastra yang juga berada di TKP mengatakan, melihat kondisi api yang sangat besar nampaknya sangat sulit memadamkan dengan sekejap. “Saya sudah instruksikan agar petugas memprioritaskan penyelamatan rumah-rumah warga terlebih dahulu,” ujarnya seperti dikutip dari Bali Tribune sembari menenangkan para warga di lokasi.

Sumber video: Group Whatsapp

Sedangkan dari keterangan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suari yang juga ke lokasi kejadian, di pasar itu terdapat 602 pedagang. “Keseluruhan 602 dari depan hingga ke belakang. Mudah-mudahan ada beberapa toko yang dapat diselamatkan,” harapnya.

Selain itu Kepala Kasat Pol PP dan Damkar Gianyar, Made Watha yang langsung memantau di lapangan menyebutkan kondisi api makin membesar pihaknya meminta bantuan dari Damkar Kota Denpasar, Klungkung, Bangli, Badung. “Seluruh Damkar telah kami hubungi,” pungkasnya.

Sumber video: Group Whatsapp

Hingga kini belum diperoleh informasi dari mana sumber api yang menyisakan puing dan kesedihan mendalam bagi pedagang serta warga yang menggantungkan hidupnya di Pasar Blahbatuh tersebut. (BBN/001/bt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button