Kecantikan

Saat cuci wajah jangan terlalu lama pada satu titik

Jakarta (BBN INDONESIA) – Saat Anda membersihkan wajah sebaiknya jangan terlalu lama menggosok pada satu titik wajah karena bisa memperbesar risiko terjadi iritasi pada titik itu.

“Pastikan tidak bergerak terlalu lama di satu titik, kemungkinan iritasi bisa besar,” ujar dokter spesialis ulit dan kelamin, Eddy Karta di Jakarta, Selasa.

Selain itu, sebaiknya juga jangan terlalu menekan kulit wajah karena bisa menyebabkan komedo masuk semakin dalam ke kulit.

Sebaiknya mencuci wajah dilakukan dengan gerakan ke atas untuk melawan gravitasi. “Untuk bagian bawah mata, sebaiknya pakai jari manis karena tekanannya ringan, jadi kulit tidak mudah mengendur,” kata dia.

Usai membersihkan wajah, perhatikanlah apa ada tanda-tanda seperti kulit terasa ditarik, perih. Jika ya, bisa jadi produk yang Anda gunakan tak cocok untuk Anda. Atau bisa juga produk itu tidak membantu melembapkan kulit Anda.

Untuk frekuensi pembersihan, Eddy mengajurkan setidaknya membersihkan wajah dua kali sehari dan bisa lebih dari itu tergantung aktivitas yang Anda lakukan.

“Normalnya dua kali tapi beda-beda. Bisa 3-5 kali tergantung aktivitas. Pahami aktivitas, kalau lagi bersih pakai pembersih ini, kalau lagi kotor pakai pembersih itu,” tutur dia.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close