Finansial

Rupiah Senin sore menguat tajam, ditopang sentimen positif domestik

Jakarta (BBN INDONESIA) – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore menguat didukung sentimen positif dari dalam negeri.

Rupiah ditutup menguat 250 poin atau 1,57 persen menjadi Rp15.630 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.880 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Senin, mengatakan walau cadangan devisa nasional pada akhir Maret 2020 sebesar 121 miliar dolar AS, turun 9,4 miliar dolar AS dibandingkan bulan sebelumnya, dari dalam negeri ada sentimen positif dari otoritas moneter Tanah Air.

“Bank Indonesia menyepakati kerja sama repurchase agreement (repo) line dengan bank sentral AS The Fed. Bank Sentral AS nantinya akan menyiapkan stok dolar hingga 60 miliar dolar AS jika BI membutuhkan,” ujar Ibrahim.

Bank Indonesia yang akan mengumumkan suku bunga pada Selasa (14/4) besok juga bisa menjadi penggerak pasar keuangan dalam negeri. Rupiah bergerak lebih stabil belakangan ini, bahkan menguat tajam pada pekan lalu.

“Hal tersebut tentunya membuka peluang BI untuk kembali menurunkan suku bunga, dan bisa disambut positif oleh pelaku pasar,” kata Ibrahim.

Dari eksternal, pasar sepertinya masih akan merespons detil stimulus yang diumumkan The Fed pada akhir pekan lalu. The Fed mengumumkan salah satu stimulusnya berupa pinjaman lunak ke dunia usaha senilai 2,3 triliun dolar AS.

Program tersebut diberikan kepada perusahaan dengan jumlah tenaga kerja hingga 10.000 orang dan pendapatan kurang dari 2,5 miliar dolar AS pada 2019 lalu. Pembayaran pokok dan bunga pinjaman tersebut akan ditangguhkan selama satu tahun.

Selain The Fed, Uni Eropa juga mengucurkan stimulus senilai 500 miliar Euro guna membantu perekonomian negara-negara anggota Zona Eropa yang tertekan akibat pandemi COVID-19.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp15.800 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp15.630 per dolar AS hingga Rp15.813 per dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada Senin menunjukkan rupiah menguat menjadi Rp15.840 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp16.241 per dolar AS.

 


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close