Bali

Puting Beliung Landa Klungkung, BMKG: Waspada Siklon Seroja

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta saat meninjau lokasi terdampak angin puting beliung

Semarapura (BBN INDONESIA) – Telah terjadi angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan di beberapa titik di wilayah Klungkung, Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 18.51 Wita tadi.

Dari beberapa video yang diunggah di akun ig: @infoklungkung menyebutkan kejadiannya di Dusun Penasan, Desa Tihingan, Kecamatan Klungkung memperlihatkan beberapa bagian bangunan toko dan rumah mengalami kerusakan.

Bahkan dalam sebuah postingan video lain yang beredar di group WhatsApp (WA) menampakkan sosok Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyatakan dirinya berada di sebuah lokasi yang terdampak puting beliung yang mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan beberapa pohon besar tumbang. Pada saat itu Nyoman Suwirta kebetulan sedang melintas usai menghadiri acara di Denpasar.

“Malam hari ini saat saya datang dari Denpasar, sepanjang jalan dari Takmung hingga jalan Kresna, pohon dan emper rumah beterbangan di sepanjang jalan. Ternyata di Klungkung ada musibah puting beliung,” ujar Bupati Suwirta saat meninjau salah satu lokasi yang terdampak bencana putting beliung di jalan Kresna.

Ia menandaskan, angin puting beliung tidak bisa ditebak pergerakannya. Untuk itu, pihaknya mengimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati, agar semuanya selamat. “Masyarakat agar tetap waspada dan hati-hati. Semoga semua selamat dan tidak terjadi apa-apa terhadap masyarakat,” pungkas Bupati Suwirta.

BMKG juga menyampaikan prakiraan dan peringatan kepada masyarakat dan selanjutnya instansi terkait kebencanaan, TNI/Polri untuk antisipasi dampak badai Siklon Tropis Seroja ke wilayah Bali sampai 3 hari ke depan.

Analisis tanggal 7 April 2021 pukul 13.00 WIB:
Posisi: Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat, 14.0LS, I16.8BT (sekitar 610 km sebelah selatan Mataram)

Arah Gerak: Barat Daya, kecepatan 16 knots (30 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia 35 knots (65 km/jam)

Kekuatan:
Tekanan 996 hPa

Prediksi 24 jam ke depan (tanggal 8 April 2021 pukul 13.00 WIB):

Posisi: Samudra Hindia sebelah selatan Bali, 16.5LS, 113.6BT (sekitar 950 km sebelah barat daya Mataram)

Arah Gerak: Barat Daya, bergerak menjauhi wilayah Indonesia

Kekuatan: 50 knots (95 km/jam)

Tekanan: 992 hPa

Prediksi:

Diperkirakan intensitas Siklon Tropis SEROJA meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya.

Dampak terhadap cuaca di Indonesia:

Siklon tropis SEROJA memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin
kencang di wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa
Tenggara Barat. Serta hujan intensitas sedang di Nusa Tenggara Timur.

Tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 meter berpeluang terjadi di Perairan selatan Pulau Jawa hingga NTB, Samudera Hindia selatan Pulau Jawa hingga Bali, Perairan selatan Pulau Sumba hingga Rote.

Tinggi Gelombang 4.0 – 6.0 meter berpeluang terjadi di Perairan selatan NTB hingga selatan Pulau Sumba, Samudera Hindia selatan NTB hingga selatan Pulau Sumba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close