Internasional

Presiden AS instruksikan pemerintahannya bantu Italia perangi corona

Washington (BBN INDONESIA) – Presiden Donald Trump pada Jumat memerintahkan pejabat tinggi pemerintah Amerika Serikat membantu Italia memerangi virus corona, dengan menyediakan pasokan medis, bantuan kemanusiaan serta bantuan lainnya.

Dalam memo ke sejumlah menteri Kabinet, Trump memerintahkan berbagai langkah untuk membantu Italia, termasuk meminta personel militer AS di negara tersebut untuk memberikan layanan telemedicine, membantu mendirikan rumah sakit darurat, dan mengangkut pasokan.

“Republik Italia, yang merupakan salah satu sekutu terdekat sekaligus tertua kami, sedang diamuk oleh pandemi COVID-19, yang telah merenggut lebih dari 18.000 jiwa, menyebabkan banyak sistem perawatan kesehatan Italia rusak, dan mengancam mendorong ekonomi Italia jatuh ke dalam resesi parah, “kata Trump dalam memo tersebut.

Italia mencatat jumlah kematian tertinggi akibat COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona baru, disusul oleh Amerika Serikat.

Trump memerintahkan menteri perdagangan untuk mendorong para pemasok AS menjual produk, yang diminta oleh otoritas Italia dan penyedia layanan kesehatan, kecuali yang diperlukan untuk tanggapan AS sendiri terhadap pandemi.

Memo tersebut mengatakan sekretaris negara, kepala Badan Pembangunan Internasional AS dan presiden Bank Ekspor-Impor AS “dapat menggunakan kewenangan yang ada untuk mendukung pemulihan ekonomi Italia.”

Sumber: Reuters


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close