Bali

Polisi Halau Warga Sengkidu Penghadang Bus Karantina PMI

Sekelompok warga Desa Sengkidu, memblokir jalan menuju Hotel Rama Ocean, Candidasa pada Rabu (15/4). Mereka menolak wilayahnya dijadikan lokasi karantina Covid-19.

Karangasem (BBN INDONESIA) – Kedatangan bus pengangkut 21 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri untuk dikarantina di Hotel Rama Ocean, Candidasa Karangasem ditolak puluhan warga Sengkidu, Manggis Karangasem Rabu (15/4) sekitar pkl. 18.45 Wita.

Salah satu perwakilan warga, I Made Sudarma dengan nada tinggi menyatakan kepada wartawan ketidaksetujuan mereka jika wilayahnya menjadi tempat karantina PMI asal Karangasem yang baru datang dari luar negeri.

“Kami tidak setuju karena daerah kami akan menjadi garda terdepan dan harus dipadati oleh tim medis yang lalu lalang setiap hari. Selain itu, kami takut dijauhi masyarakat dari luar desa. Dimana kami tidak merasa terjangkit penyakit, tapi merasakan akibatnya,” ujar Sudarma, Korlap aksi penolakan masyarakat diikuti teriakan riuh jubelan warga desa.

Perwakilan warga lainnya, I Komang Suparwata menyebutkan, pada intinya warga tetap menolak kalau Hotel Rama Ocean Candidasa digunakan sebagai tempat karantina. Warga takut tertular virus kalau PMI tersebut berada di lingkungan mereka.

“Ibu Bupati kan punya Hotel Candidasa 2 dan bisa digunakan sebagai tempat karantina, kenapa harus di Rama Ocean yang ada di desa kami,” ujarnya mempertanyakan. Ia mengatakan bahwa langkah karantina ini sebelumnya tidak didahului adanya sosialisasi, sehingga masyarakat tidak mengetahui sejak awal.

Sementara itu, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini menekankan agar masyarakat mampu memahami bahwa PMI merupakan saudara sendiri. “Karantina adalah protokol kesehatan dan pengamanan terhadap mereka adalah tanggung jawab aparat kepolisian,” ucapnya, menegaskan.

Sehubungan dengan itu, ia mengharapkan masyarakat tidak melakukan penolakan untuk bisa menampung saudara sendiri yang baru datang dari tempatnya mencari nafkah di negeri orang.

Hingga pkl. 20.45 Wita aksi penolakan puluhan warga dilaporkan masih tetap berlangsung di kawasan Hotel Rama Ocean Candidasa. Unjuk penolakan tersebut mendapat pengamanan dari jajaran Polres Karangasem. Dalam video yang beredar di group whatsapp, ratusan polisi ditambah Dalmas menghalau warga yang menghalangi masuknya bus yang membawa PMI ke Hotel Rama Ocean Candidasa. (LE-KR/bbn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close