Bali

Pencuri HP Tertangkap Tangan

Sempat kabur dan dikejar oleh korban. Disaat jatuh, ditangkap masyarakat.

Tabanan (BBN INDONESIA) – Telah terjadi peristiwa yang tidak patut untuk ditiru yakni pencurian HP. Pelakunya sempat kabur naik sepeda motor, kemudian dikejar oleh korban dan ditendang. Pelakupun jatuh terjungkal selanjutnya ditangkap bersama-sama masyarakat di wilayah Banjar Dinas Uma Diwang Kangin, Desa Batanyuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan, Rabu (19/8/2020), petang.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Siregar setelahnya Kasubbag Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagia konfirmasi dengan Kapolsek Marga, membenarkan telah terjadi pencurian HP, TKP di sebuah warung milik korban, termasuk Banjar Dinas Uma Diwang Kangin, Desa Batanyuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan.

Terduga pelaku berhasil ditangkap bernama Miftahul Jihan, 23 tahun, pekerjaan buruh, alamat asal Dusun Maron, RT 007 RW 002 Desa Genteng Kecamatan Genteng, Kab. Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Alamat tinggal Jalan Gunung Talang I nomor 1 Denpasar Barat.

“Adapun kronologis kejadian, hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020, pukul 17.30 Wita. Pelaku datang ke warung milik korban di Desa Batanyuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan, membeli rokok seharga Rp.5 ribu menggunakan uang Rp.10 ribu. Korban kemudian menyerahkan 3 batang rokok dan uang kembaliannya Rp.5 ribu. Namun saat itu pelaku tidak jadi meminta uang kembaliannya, uang yang Rp.5 ribu dimintakan rokok saja,” paparnya.

Di saat korban memasukkan uang ke dalam laci kemudian mengambil rokok. Korban melihat terduga pelaku mengambil HP miliknya yang ditarus di atas dus air mineral di sebalah meja kasir. Pelaku berupaya menyembunyikan dibalik punggungnya. Saat itu pula korban langsung menanyakan apa yang diambil oleh pelaku. Pelaku menjawab, tidak ada mengambil apa-apa.

“Karena tidak puas, korban langsung menarik tangan kanan pelaku dan melihat sebuah HP warna putih milik istri korban ada pada tangan kanan pelaku,” ujar Kasubbag Humas.

Ia menuturkan saat itu pula pelaku berusaha kabur naik sepeda motor miliknya tancap gas dan dikejar oleh korban. Ketika aksi kejar-kejaran berlangsung korban berhasil menendang sepeda motor milik pelaku sehingga pelaku jatuh. “Disaat yang bersamaan warga masyarakat membantu menangkap, kemudian menyerahkan terduga pelaku berikut barang bukti kepada Polsek Marga, untuk diproses lebih lanjut,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan diantaranya 1 unit Handphone merk OPPO A33w warna putih. 1 unit sepeda motor merk Honda Vario warna Hitam Nopol DK 5482 LY.

Terkait dengan peristiwa kejadian tersebut, Kasubbag Subagia mengapresiasi upaya masyarakat sehingga pelaku berhasil ditangkap. “Pelaku langsung diserahkan ke Polsek Marga tanpa main hakim sendiri. Siapapun agar lebih hati-hati menaruh barang, apalagi barang berharga agar ditaruh pada tempat yang aman. Bila barang berharga tidak aman, apalagi menaruhnya sembarangan tentu dapat menimbulkan niat jahat bagi para pelaku kejahatan,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close