Bali

Pemkot Denpasar Gelar Pameran Buku “Denpasar Dalam Kartun dan Karikatur”

Denpasar gelar pameran dan penerbitan buku “Denpasar dalam Kartun dan Karikatur”

Denpasar (BBN INDONESIA) – Pemerintah Kota Denpasar, Bali menyelenggarakan pameran dan penerbitan buku yang bertajuk “Denpasar dalam Kartun dan Karikatur” serangkaian HUT Ke-75 Kemerdekaan RI selama tiga hari, hingga 16 Agustus 2020.

Pameran yang diikuti 20 kartunis tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara didampingi Kepala Dinas Kebudayaan di ruang depan Kantor Dinas Kebudayaan, Jumat.

Rai Iswara mengapresiasi pameran tersebut karena akan mendorong berkembang ruang kreatif bagi masyarakat untuk berkreasi yang berguna bagi kemajuan kota maupun bangsa dan negara.

“Saya berharap pelaksanaan pameran ini dapat memotivasi seniman lain di Kota Denpasar. Hidupnya atmosfer berkesenian, khususnya seni rupa tentu dapat mendukung regenerasi penerus agar bisa melestarikan adat budaya dan kesenian untuk melaksanakan visi misi Kota Denpasar, yaitu kota yang berwawasan budaya,” ujar Rai Iswara.

Ia mengatakan bahwa melalui karya-karya kartun para kartunis Kota Denpasar tidak hanya memposisikan kartun sebagai karya seni yang disenangi masyarakat, tetapi juga sebagai media kritik sosial yang bisa menjadi media komunikasi antarelemen masyarakat.

Seorang kartunis Kota Denpasar, Jango Pramartha, mengatakan pameran dan penerbitan buku bertajuk “Denpasar dalam Kartun dan Karikatur” melibatkan 20 kartunis yang digagas para kartunis Kota Denpasar.

Melalui sebuah penerbitan buku dan pameran, katanya, dapat disaksikan dan disimak kegelisahan dan kegigihan kreatif para kartunis dalam mengkritisi kotanya melalui medium seni rupa.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar di dalam memberi ruang untuk seniman, dengan adanya kegiatan ini dapat memberi vibrasi positif di dalam berkesenian. Dalam kegiatan ini juga dapat memberi semangat kepada seluruh masyarakat di tengah pandemi COVID-19 bisa terus berkarya,” ujarnya. (bbn/ant)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close