Bali

Pekerja Migran Bali Mendarat, Sekjen KPI Pusat Dewa Budiasa Sigap

 

Sekjen Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Pusat (General Secretary of The Indonesian Seafares Union) I Dewa Nyoman Budiasa SE.

Denpasar (BBN INDONESIA) – Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mencari nafkah di luar negeri terutama kapal pesiar mendapat perhatian yang serius dari Sekjen Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Pusat (General Secretary of The Indonesian Seafares Union) I Dewa Nyoman Budiasa SE. Apalagi dalam pandemik coronavirus (Covid-19) isu-isu yang tidak benar terkait status dan stigmatisasi buruk terhadap para pelaut sangat merugikan mereka dan keluarganya.

Owner Taman Jepun, Tanjung Bungkak Denpasar ini memaparkan pemeriksaan ulang kesehatan dan pemenuhan kebutuhan logistik berupa makanan dan minuman bagi para pahlawan devisa yang sudah begitu kangen bertemu sanak keluarganya ini, sangat dikedepankan oleh pihaknya ketika mereka mendarat di tanah kelahirannya, Bali.

Menurut anggota Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali dari unsur Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) ini berdasarkan data yang ia temukan jumlah masyarakat Bali yang bekerja di kapal pesiar sekitar 24 ribu orang.

Selain mereka sebagai pekerja di kapal pesiar, saya perkirakan tenaga kerja spa therapist ada sekitar 5 ribuan orang yang bekerja di manca negara. Nah dalam dua minggu ini total 8 ribuan PMI yang sudah pulang ke tanah kelahirannya di Bali. Kami menjadi garda terdepan menyambut dan memperhatikan kondisi kesehatan mereka,” ujar owner Klinik Padma Bahtera Medika di Jl. Hayam Wuruk Denpasar.

Ia menandaskan untuk urusan standar kesehatan oleh perusahaan yang memperkerjakan PMI di pekerja kapal pesiar di luar negeri sangat ketat dan tidak perlu diragukan lagi keabsahannya. Dengan demikian ia berharap masyarakat dan netizen di dunia maya tidak perlu gaduh dan menyebarkan info yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoaks.

Kita tegaskan, soal high quality health standard dan kedisiplinan pihak perusahaan kapal yang mempekerjakan mereka di luar negeri tidak usah diragukan lagi. Setelah diperiksa kesehatannya dengan seksama oleh Badan Karantina Kesehatan di sana akhirnya dikeluarkanlah Certificate of Health. Mereka sudah biasa menerapkan prilaku hidup sehat di dalam kapal apalagi saban hari melayani tamu asing yang sangat peduli dalam hal kesehatan. Biarkan mereka pulang ke kampungnya dengan tenang dan jangan lagi distigmatisasi apalagi dibully. Jangan juga ada pihak yang mau cari panggung dalam situasi seperti ini,” pinta pria yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar tersebut.

Dirinya selama ini terus memantau dan menangani kepulangan PMI dengan baik dan seksama. Pemeriksaan ulang kondisi kesehatan mereka saat mendarat tetap dilakukan oleh timnya di Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali.

Sebagai catatan pihak perusahaan yang mempekerjakan tenaga kapal pesiar diwajibkan oleh Peraturan Menteri Nomor 84 tahun 2013 memiliki perjanjian kerjasama dengan KPI.

Saat ini ada sekitar 137 perusahaan pengiriman tenaga kerja pelaut yang memiliki izin bernama Surat Izin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (SIUPPAK).

Dewa Nyoman Budiasa yang berasal dari Desa Adat Jadi, Banjar Anyar Kecamatan Kediri Tabanan ini santer isunya digadang-gadang dan menyatakan siap maju untuk mendampingi bakal calon Bupati Tabanan dalam Pilkada Tabanan 2020 nanti yakni AA. Ngurah Panji Astika, ST. Tokoh Tabanan tersebut dalam perhelatan demokrasi ini diusung oleh Partai Golkar dan NasDem. (bbn/db05)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close