Friday, 26-11-2021
Politik

Pangdam Tanjungpura tinjau Rusunawa untuk isolasi COVID-19

Pontianak (BBN INDONESIA) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, melakukan peninjauan ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Nipah Kuning di Kota Pontianak, Kalbar, yang akan difungsikan menjadi rumah isolasi COVID-19.

“Peninjauan ini dalam rangka mengecek kesiapan Rusunawa Nipah Kuning yang rencananya akan digunakan untuk isolasi pasien yang dinyatakan telah sembuh dari COVID-19,” kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel (Inf) Aulia Fahmi Dalimunthe, di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, dalam peninjauan itu, Pangdam XII/Tpr didampingi oleh Asintel Kasdam XII/Tpr, Aster Kasdam XII/Tpr, Kakesdam XII/Tpr dan Dandim 1207/BS. Hadir juga dari pihak Pemerintah Kota Pontianak, Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, Kadinkes Kota Pontianak, Sidiq Handanu, Danramil 1207-03/Pontianak Barat, Kapolsek dan Camat Pontianak Barat serta Lurah Sungai Beliung.

“Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama para pejabat lainnya dalam kesempatan tersebut langsung meninjau sejumlah ruangan di Rusunawa Nipah Kuning,” katanya.

Menurut Kapendam XII/Tpr, kondisi Rusunawa Nipah Kuning saat ini memiliki kapasitas sebanyak 58 ruangan yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur dan dapur untuk memasak, yang rencananya akan digunakan sebagai tempat isolasi.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan itu meminta kepada warga sekitar Rusunawa Nipah Kuning agar tidak khawatir dengan kemungkinan penularan.

“Mereka yang ditampung di Rusunawa adalah pasien yang sudah dinyatakan sembuh namun sesuai prosedur masih harus menjalani proses karantina, untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir,” tegasnya.

Dijelaskannya juga, bahwa virus tersebut tidak bisa menular melalui udara bebas pada radius jauh. Jadi, masyarakat setempat pun diminta tidak perlu cemas.

“Untuk itu sesuai dengan petunjuk Pangdam saat peninjauan tadi, Kodam XII/Tpr bekerjasama dengan Pemkot Pontianak akan melakukan sterilisasi Rusunawa dan lingkungan sekitar Nipah Kuning. Besok rencananya kita akan melakukan penyemprotan disinfektan,” katanya.

Ia menambahkan, Rusunawa Nipah Kuning nantinya juga akan dilengkapi dengan protokol kesehatan seperti sterilization chamber, alat pengecekan suhu tubuh dan tempat untuk mencuci tangan.

“Semua ini kita lakukan untuk kepentingan bersama. Dalam menangani COVID-19 ini, percayakan semuanya kepada pemerintah. Kami juga meminta agar masyarakat tidak menanggapi berita-berita di media sosial yang belum tentu kebenarannya,” katanya.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button