Politik

Menteri Desa PDTT optimistis Babel jadi provinsi maju

Pangkalpinang (BBN INDONESIA) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menjadi provinsi maju yang berdaya saing dengan daerah lainnya di Indonesia.

“Saya siap menjadi saksi, Provinsi Kepulauan Babel akan lebih maju dalam satu dekade mendatang,” kata Abdul Halim Iskandar saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Babel salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Babel, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam satu dekade mendatang, Provinsi Babel akan melebihi provinsi lain, dengan cara kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman Djohan yang bagus, sinergi dari tiap OPD, DPRD, dan semua elemen masyarakat yang telah terjalin dengan baik.

Selain itu, prestasi yang diraih Babel antara lain, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada 2000 hanya sebesar Rp6,4 triliun, meningkat menjadi Rp75,83 triliun pada 2019. Artinya kinerja ekonomi perekonomian daerah Babel mengalami perkembangan yang pesat setelah berdaulat sebagai provinsi.

Kapasitas anggaran meningkat 10 kali lipat, infrastruktur semakin membaik, angka pengangguran terus berkurang, jumlah rata-rata sekolah menjadi 7,98 persen, dan fasilitas kesehatan masyarakat menjadi lebih baik mengingat Babel sudah memiliki 10 rumah sakit.

“Tahun ini, Babel menjadi juara bertahan setelah 3 kali mendapatkan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), artinya kinerja para aparatur daerah di Pemprov Babel semakin baik,” ujarnya.

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel Amri Cahyadi mengatakan selama dua dekade Babel telah banyak kemajuan, dengan beragam potensi baik di darat maupun di laut.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun Babel lebih baik dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Kita sudah ada regulasi untuk memanfaatkan potensi untuk itu, hari ini jadi momentum yang tepat untuk bersatu membangun Babel agar lebih baik lagi,” katanya.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close