Monday, 27-09-2021
Bali

Kondisi Selamat, Tim SAR Gabungan Temukan 4 Pendaki Tersesat

Karangasem (BBN INDONESIA) – Tim SAR gabungan berhasil menemukan 4 orang pendaki yang tersesat di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Minggu (13/12/2020) malam. Seluruhnya dikabarkan dalam kondisi baik dan tidak alami cedera.

Sekitar pukul 18.30 Wita tim rescue dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem telah bergabung dengan pemandu wisata lokal untuk memulai pencarian. Sesuai dengan rencana, keempat target diarahkan untuk menuruni jalan setapak, sementara tim SAR gabungan juga mulai menaiki jalur pendakian. “Kami bisa pantau pergerakan target dari ruang komunikasi yang ada di Kantor Basarnas Bali Jimbaran, sehingga bisa mengarahkan tim bertemu dengan target, disamping itu peran pemadu lokal juga penting karena mereka sangat memahami medan di sana,” pungkas Gede Darmada S.E., M.AP., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali).

Pencarian dimulai dari Pura Gae seputaran Besakih. Akhirnya kurang lebih pukul 21.30 Wita tim SAR gabungan berhasil menemukan target. Mereka berada di posisi koordinat 8°33’92.74″S – 115°45’95.20″E.

“Semuanya dalam keadaan selamat dan selanjutnya kami arahkan menuju Pura Pengubengan tempat kendaraannya di parkir,” jelasnya. Pihaknya merasa beruntung korban cepat ditemukan berkat kerja sama seluruh unsur SAR yang solid. Selama proses pencarian hingga evakuasi, turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Polsek Rendang, Pasebaya Agung /pemandu wisata lokal, masyarakat dan keluarga korban.

Diberitakan sebelumnya, 4 pendaki terpisah dari rombongan sekembalinya usai melakukan pendakian, pada Minggu sore. Identitasnya atas nama Alex (20), Yusril (20), Ryan (18), dan Agil (19). Salah satu dari mereka melapor kepada Basarnas Bali untuk meminta bantuan karena tersesat tidak mengerti arah turun. Empat pendaki selamat awalnya memulai pendakian bersama 5 orang lainnya sejak hari Sabtu (12/12/2020). (BBN/ay/hms dps)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button