Hukum

Komisi III DPR: HUT RI momentum tingkatkan kinerja penegak hukum

Jakarta (BBN INDONESIA) – Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja penegak hukum di tanah air.

Ia mengatakan ada beberapa catatan dalam penegakan hukum, salah satunya terkait sinergitas aparat penegak hukum di tanah air yang sudah semakin baik.

“Saya melihat sinergitas antar-penegak hukum semakin baik, yang terkini kita melihat bagaimana Polri, Kejaksaan, dan KPK bersinergi dalam mengusut kasus Djoko Tjandra,” kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, ke depan pola-pola seperti itu harus dipertahankan, setiap penegak hukum harus memahami bahwa bekerja dalam kerangka sistem penegakan hukum yang terpadu dan terintegrasi.

Selain itu dia juga menyoroti terkait isu perlindungan HAM dalam penegakan hukum yang terus menjadi perhatian masyarakat dan para pemerhati hukum.

“Ke depan agar perspektif penegakan hukum kita harus selalu mengedepankan prinsip-prinsip humanis dan restoratif,” ujarnya.

Ia meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat untuk membantu kerja legislasi dalam menuntaskan sejumlah RUU, di antaranya RUU KUHP, RUU PAS, RUU MK, RUU Kejaksaan, RUU Narkotika, yang semuanya upaya meningkatkan penegakan hukum di Indonesia.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close