Bisnis

Kemenperin nilai ajang IGDS munculkan citra positif produk anak bangsa

Jakarta (BBN INDONESIA) – Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menilai ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 akan mampu memunculkan citra positif produk-produk industri anak bangsa yang tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

“IGDS ini bisa dijadikan suatu gerakan yang dapat meningkatkan citra positif terhadap produk anak bangsa, apalagi sekarang ada gerakan Bangga Buatan Indonesia, ini sejalan sekali,” kata Gati pada peluncuran IGDS 2020 secara virtual di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut juga memungkinkan, karena juri pada ajang tersebut merupakan praktisi yang memiliki kredibilitas tinggi di bidangnya masing-masing, di antaranya mode hingga kriya.

“Jadi, dari IGDS ini masyarakat bisa tahu desain yang sedang tren untuk kriya seperti apa, fesyen seperti apa, sehingga bisa juga dijadikan rujukan tren desain industri. Kalau ini digabungkan dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia, orang jadi tahu seperti apa yang harus dibuat,” ujarnya.

Gati berharap pergelaran IGDS 2020 dapat melahirkan produk maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan pelaku industri selaku pemilik desain sekaligus menjadi motor pendorong bagi dunia desain nasional.

“Kami ingin produk industri nasional bisa menembus pasar internasional,” ungkapnya.

IGDS 2020 akan mengusung tema “Produk Keren Indonesia” yang memiliki dua kategori penghargaan, yaitu IGDS Design Product yang diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah, sedang atau masih diproduksi.

Serta, IGDS Design Concept yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa/prototipe dan/atau sampel produk.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close