Finansial

Kemarin, investasi manufaktur naik hingga RI selamat dari resesi

Jakarta (BBN INDONESIA) – Sejumlah informasi menghiasi pemberitaan sektor perekonomian kemarin, mulai dari investasi bidang manufaktur yang naik 23,9 persen, peluang Indonesia untuk selamat dari resesi akibat pandemi COVID-19.

Berikut rangkumannya:

1.Menperin: Investasi manufaktur naik 23,9 persen pada semester I 2020

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, investasi sektor manufaktur naik 23,9 persen pada semester I-2020 menjadi Rp129,6 triliun dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang hanya Rp104,6 triliun

“Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan iklim berusaha yang kondusif melalui kebijakan strategis, yang bisa menjadi daya tarik bagi para investor asing maupun domestik supaya mereka semakin percaya diri menanamkan modalnya di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri seminar web bertajuk Mir-Year Economic Outlook 2020 di Jakarta, Selasa.

2.Presiden Jokowi: Ekonomi RI diproyeksi pulih tercepat setelah China

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip lembaga keuangan global, mengatakan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi COVID-19 diproyeksikan tercepat setelah China.

“Indonesia juga diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Tiongkok. Kalau proyeksi ini benar, saya kira patut kita syukuri,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

3.Menparekraf ingatkan protokol kesehatan jelang pembukaan wisata Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengingatkan agar pekerja serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali mempersiapkan diri dan terus menjalankan protokol kesehatan menyusul rencana pembukaan kembali sektor pariwisata Bali mulai 31 Juli 2020.

Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini Indonesia telah mulai memasuki masa adaptasi kebiasaan baru termasuk untuk kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali yang akan mulai beroperasi kembali secara bertahap.

4.OJK dorong penerapan tata kelola perlindungan bisnis dan konsumen

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong adanya penerapan tata kelola, risiko dan kepatuhan (GRC) untuk memberikan perlindungan kepada iklim bisnis maupun konsumen atas berbagai macam risiko baru yang muncul.

“OJK menyadari pentingnya GRC terintegrasi dalam upaya mewujudkan sektor jasa keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, kontributif dan inklusif, serta melindungi konsumen,” kata Anggota Dewan Komisioner sekaligus Ketua Dewan Audit OJK Ahmad Hidayat dalam pernyataan resminya di Jakarta, Selasa.

5.Sri Mulyani ungkap peluang Indonesia selamat dari resesi ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 bisa kembali ke tren positif hingga 0,4 persen (year on year/yoy) setelah di kuartal II-2020 laju Produk Domestik Bruto diperkirakan terkontraksi hingga negatif 4,3 persen (yoy).

Sri Mulyani dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa, mengatakan ekonomi Indonesia bisa kembali positif di kuartal III-2020, jika penanganan pandemi COVID-19 berjalan efektif, sehingga kegiatan-kegiatan ekonomi di Tanah Air dapat dibuka kembali.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close