Friday, 18-06-2021
Bali

Kejari Buleleng Musnahkan 57,88 Gram Sabu

Caption: Pemusnahan barang bukti bertempat di halaman belakang kantor Kejari Buleleng (Foto: an/ist)

Singaraja (BBN INDONESIA) – Sebanyak 57,88 gram sabu-sabu, pada Rabu (2/6) dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng, bertempat di halaman belakang kantor Kejari Buleleng. Selain puluhan gram sabu-sabu, ada beberapa barang bukti juga yang ikut dimusnahkan dari sejumlah perkara pidana yang putusannya telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht).

Kasi Intel Kejari Buleleng sekaligus Humas  Anak Agung Ngurah Jayalantara menyebut, total ada 36 perkara pidana yang barang buktinya kini dimusnahkan, tentunya perkara itu sudah inkracht oleh pengadilan. Rinciannya, sebanyak 20 perkara pidana narkotika dan 16 perkara pidana umum (pidum).

Imbuh Jayalantara, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan sitaan dari perkara yang ditangani Kejari Buleleng sejak Desember 2020 hingga Mei 2021.

“Kami musnahkan pada semester awal tahun 2021 ini adalah barang bukti perkara Desember 2020 hingga Mei 2021. Harus sudah ada putusan hukum dari pengadilan. Perkara ini inkracht-nya sampai Mei,” ungkap Jayalantara.

Pemusnahan barang bukti 57,88 gram sabu-sabu ini, dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air yang sebelumnya sudah dicampur detergen. Sedangkan barang bukti perkara pidum yang dimusnahkan, yakni berupa senjata tajam, lesung, pakaian, dan kurungan ayam.

Dalam pemusnahan barang bukti ini, juga dihadiri oleh jajaran Polres Buleleng. Barang-barang bukti ini, dimusnahkan dengan cara digergaji menggunakan pemotong besi hingga dibakar.

“Barang bukti ini dari perkara pidum ini berupa kasus perjudian, ada juga pengancaman, penganiayaan, aborsi, sampai UU ITE,” pungkasnya. (BBN/001/an)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button