Hukum

Kapolri terbitkan surat telegram imbauan baksos Polri jelang Ramadhan

Jakarta (BBN INDONESIA) – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menerbitkan Surat Telegram Kapolri mengenai instruksi pelaksanaan kegiatan bakti sosial jelang bulan suci Ramadhan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

Melalui surat telegram bernomor: ST/1205/IV/KEP./2020 tertanggal 15 April 2020 ini, Kapolri menjelaskan bahwa bakti sosial berupa pembagian sembako agar dilaksanakan oleh kepala satker/ kepala satwil secara serentak pada Selasa 21 April 2020.

“Waktu kegiatan (bakti sosial) dilaksanakan secara serentak menjelang Bulan Ramadhan, yakni Selasa 21 April 2020,” kata Kapolri Idham saat dihubungi BBN INDONESIA, di Jakarta, Kamis.

Sumber pembiayaan bakti sosial bersifat sukarela dari sumbangan anggota Polri yang tidak mengikat, para dermawan dan tanggung jawab sosial korporasi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial.

“Sumber pembiayaan tidak memotong gaji, tidak mengambil anggaran DIPA, tidak mengambil anggaran di luar ketentuan,” katanya.

Sementara sasaran penerima bantuan adalah anak yatim piatu, fakir miskin, pekerja tidak tetap dan keluarga Polri yang terdampak langsung oleh pandemi covid-19.

“Pekerja tidak tetap ini meliputi buruh, pemulung, tukang becak, ojek pangkalan, ojek online dan korban pemutusan hubungan kerja,” katanya.

Jenderal bintang empat itu juga meminta agar bakti sosial dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan penerapan physical distancing untuk mencegah penyebaran penularan covid-19.

Bantuan nantinya akan diserahkan langsung ke rumah penerima bantuan. “Penyerahan bantuan dilaksanakan secara langsung kepada yang berhak, door to door, untuk menghindari kerumunan massa,” kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Penyaluran bantuan dapat melibatkan Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga Keluarga Besar Putra Putri Polri.

Pelaksanaan bakti sosial ini bersifat imbauan atau tidak wajib sehingga pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan dan situasi satker/satwil masing-masing.

Surat tersebut ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri, mewakili Kapolri.

 


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close