Politik

Kapolda Papua sebut Menko Polhukam kunjungan kerja ke Timika Rabu

Timika (BBN INDONESIA) – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw menyebut jika tidak ada halangan, maka pada Rabu (22/7) siang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Timika, ibu kota Kabupaten Mimika.

Menko Polhukam Mahfud MD bersama rombongan direncanakan tiba di Timika pada Rabu (22/7) siang sekitar pukul 12.00 WIT bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono bersama para petinggi TNI dan Polri lainnya.

Kapolda Papua Irjen Waterpauw, di Timika, Selasa, mengatakan dalam tugas dan tanggung jawabnya sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD bersama rombongan akan melihat perkembangan situasi di wilayah Papua terutama bagaimana kesiapan pengamanan dalam menyambut penyelenggaraan pilkada serentak pada 11 kabupaten di Provinsi Papua.

Pada sisi lain, katanya, dalam kunjungan kerja perdananya ke Kabupaten Mimika itu, Menko Polhukam Mahfud MD juga akan menanyakan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah daerah, baik Pemprov Papua maupun Pemkab Mimika dalam menangani pandemi COVID-19.

“Tentu ada berbagai isu-isu penting dan strategis lainnya yang ada di Papua yang akan beliau ingin dapatkan penjelasan dari kami semua. Sudah tentu kami senang dengan kehadiran pimpinan untuk melihat langsung keadaan kita semua di Papua,” kata Irjen Waterpauw.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan terkait rencana kunjungan kerja Menko Polhukam bersama rombongan ke Timika pada Rabu (22/7) siang, Polres Mimika mengerahkan 250 personel untuk melakukan pengamanan di sekitaran Rimba Papua Hotel yang menjadi tempat kegiatan pertemuan Menko Polhukam Mahfud MD dengan jajaran Pemprov Papua, Pemkab Mimika, dan juga para tokoh masyarakat.

“Untuk pengamanan kunjungan Menko Polhukam dan rombongan di Timika, kami dari Polres Mimika menyiapkan 250 personel, demikian pun dari rekan-rekan TNI jumlahnya hampir sama. Pengamanan kami pusatkan di sekitar Hotel Rimba Papua, juga di Hotel Horison Timika, karena sebagian tamu menginap di sana,” kata AKBP Era Adhinata.

Kapolres berharap warga Timika bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga menunjukkan bahwa kota berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa itu benar-benar aman dan nyaman serta ramah bagi siapa pun.

Mengingat kunjungan kerja Menko Polhukam Mahfud MD bersama rombongan berlangsung dalam suasana pandemi COVID-19, seluruh kegiatan Menko Polhukam selama berada di Timika benar-benar menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan membatasi undangan yang akan hadir.

“Dengan adanya pandemi COVID-19, maka pengamanan kita kali ini betul-betul ketat terutama dalam hal jaga jarak, pemeriksaan kesehatan dan lain-lain. Wartawan yang mau meliput kegiatan itu, juga semua harus mengikuti rapid test, demikian pun dengan anggota dan lain-lain. Makanya tidak banyak orang yang nantinya diundang untuk menghadiri kegiatan bersama beliau, karena harus benar-benar diseleksi secara ketat,” kata AKBP Era Adhinata.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close