Bisnis

KAI Daop 6 kembali operasikan sejumlah KA jarak jauh

Solo (BBN INDONESIA) –
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan sejumlah kereta api (KA) jarak jauh seiring dengan meningkatnya permintaan perjalanan oleh masyarakat.

“Beberapa KA andalan masyarakat Kota Yogyakarta dan Solo dari Daop 6 Yogyakarta kembali dijalankan, di antaranya KA Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasar Senen, KA Progo relasi Lempuyangan-Pasar Senen, dan KA Lodaya relasi Solobalapan-Bandung,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Minggu.

Selain itu, dikatakannya, ada KA Argo Lawu relasi Solobalapan-Gambir, KA Gajahwong relasi Lempuyangan-Pasar Senen, KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir, KA Taksaka Fakultatif relasi Yogyakarta-Gambir, KA Senja Utama Yogya relasi Yogyakarta-Pasar Senen, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solobalapan-Gambir, dan KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Gambir.

“Untuk KA Taksaka Fakultatif relasi Yogyakarta-Gambir dan KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solobalapan-Gambir jalan mulai hari ini,” katanya.

Terkait hal itu, pihaknya meminta masyarakat untuk memantau ketersediaan tiket maupun kereta sesuai dengan relasi yang diinginkannya terlebih dahulu melalui aplikasi KAI Access, website resmi KAI, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI.

Selain itu, dikatakannya, PT KAI Daop 6 juga mulai mengoperasikan KA Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) setelah sebelumnya tidak dioperasikan selama lima bulan karena terjadinya pandemi COVID-19.

Ia mengatakan untuk pengoperasian kereta api tersebut juga mulai dilakukan pada hari ini, Minggu (23/8).

“Pengoperasian kembali KA Bandara YIA relasi Yogyakarta-Wates-Wojo-Kebumen (PP) ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api menuju Kebumen serta mempermudah masyarakat yang akan menuju Bandara YIA menggunakan KA Bandara dari Stasiun Yogyakarta,” katanya.

Ia mengatakan untuk jadwal keberangkatan KA Bandara tersebut pada pukul 08.35 WIB dan 15.05 WIB dari Stasiun Yogyakarta. Selain itu, dikatakannya, masyarakat dari Kebumen juga dapat menggunakan KA Bandara YIA menuju Wojo hingga Yogyakarta dengan jadwal pemberangkatan pukul 10.25 WIB dan 17.40 WIB.

“Karena perjalanan KA ini merupakan perjalanan KA lokal sehingga penumpang tidak perlu mengikuti ‘rapid test’ (tes cepat) COVID-19,” katanya.

Sementara itu, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api selama terus menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ini dilakukan untuk kenyamanan dan kebaikan bersama. Untuk penumpang diwajibkan juga membawa surat keterangan bebas COVID-19, suhu tubuh di bawah 37,3 celcius, dalam kondisi sehat,” katanya.

Selain itu, dikatakannya, pelanggan juga harus menggunakan “face shield” yang sudah disediakan oleh KAI secara gratis.

“Sebagai upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, kami bekerja sama dengan PT RNI juga menyelenggarakan layanan ‘rapid test COVID-19’ dengan harga Rp85.000 di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solobalapan. Untuk layanan ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00-19.00 WIB,” katanya.***1***


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close