Sunday, 05-12-2021
Balap

Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Jajal dengan Kawasaki W175cc

Jakarta (BBN INDONESIA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, hari ini Jumat(12/11/2021). Sirkuit Mandalika dipakai sebagai tuan rumah ajang World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

“Iya besok kita akan meresmikan sirkuit mandalika setelah itu event yang ada di sana untuk berjalan baik super bike maupun MotoGP,” ujar Presiden kepada wartawan usai menghadiri acara HUT NasDem di Jakarta, Kamis, (11/11/2021).

Presiden yang juga tampil di pembukaan Asian Games 2018 ini, akan menggunakan motor untuk mengelilingi lintasan berjarak 4,3 km tersebut.

Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika dengan mengendarai sepeda motor custom pribadinya, yakni Kawasaki W175cc. Sepeda motor tersebut sudah dimodifikasi dengan model balap retro.

Motor tersebut setelah turun di Bandara Lombok dari pesawat kargo TNI kemudian langsung dibawa menggunakan truk towing menuju sirkuit.

Dari luar, terlihat tulisan ‘RI 1’ di motor itu. Motor custom yang digunakan Jokowi itu dominan livery hijau yang dikombinasikan dengan warna putih di beberapa bagian motor.

Peresmian Sirkuit Mandalika akan dilakukan sebelum sirkuit jalan raya itu resmi digunakan. Akan ada dua balapan yang digelar, yakni Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike Championship (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021 dan MotoGP, Maret 2022.

Salah satu sudut Sirkuit Mandalika, Lombok (Foto: Antara)

Sirkuit ini dibangun dengan standar kelas dunia. Panjang lintasan sirkuit sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Selain itu sirkuit ini memiliki pemandangan alam perbukitan dan panorama laut biru yang spektakuler.

Sirkuit ini dibangun dengan teknologi aspal terbaru yakni Stone Mastic Asphalt (SMA) sehingga menjadikannya sebagai salah satu sirkuit yang bisa menawarkan kecepatan 330 km per jam dengan tetap memiliki tingkat keamanan tinggi bagi pembalap.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kepada awak media mengatakan pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021.

Menurut Airlangga, untuk menunjang pelaksanaan WSBK, pemerintah tengah mempercepat vaksinasi di Lombok Tengah, minimum 50 persen untuk dosis kedua. (BBN/013)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button