Bali

Jika Terpilih, Panji-Budi Siapkan Kartu Tabanan Sehat

Dukungan kemenangan masyarakat Kerambitan kepada Panji-Budi (PADI)

Tabanan (BBN INDONESIA) – Paket PADI yang merupakan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan selalu memiliki program yang cerdas dan aspiratif sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tabanan. Paslon nomor urut 2 yang diusung Koalisi Tabanan Maju, AA. Ngurah Panji Astika dan Dewa Nyoman Budiasa ini jika tepilih sebagai pemimpin daerah dalam Pilkada Serentak tahun 2020 nanti telah memasang Program Kartu Tabanan Sehat. Hal ini menyikapi informasi yang menyebutkan diputusnya kepesertaan BPJS Kesehatan dari 49 ribu warga Tabanan akibat ketidakmampuan mereka alias macet dalam membayar iuran. Penegasan itu disampaikan AA Ngurah Panji Astika dalam acara tatap muka dengan masyarakat Desa Klating, Tista dan Jero Kaleran di Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Jumat (16/10/2020).

“Jika terpilih, Panji-Budi akan menyiapkan 50.000 Kartu Tabanan Sehat di tahun pertama, untuk menjamin kesehatan masyarakat yang tidak tercover oleh BPJS Kesehatan. Kami juga akan memberikan jaminan kesehatan kepada para Sulinggih, Pemangku Kahyangan Tiga, Kahyangan Jagat, dan Sad Kahyangan,” papar Cabup Tabanan yang akrab disapa Turah Panji ini.

Ia merasa prihatin atas kondisi kesehatan masyarakat Tabanan, terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19 yang menimbulkan dampak yang serius secara ekonomi dan kesehatan.
“Masyarakat sudah banyak yang di-PHK, otomatis tak ada lagi penghasilan. Jangankan membayar iuran BPJS. Buat makan besok saja mereka tak punya. Nah nanti untuk iuran BPJS tersebut kita akan subsidi dari APBD demi meringankan beban masyarakat Tabanan,” tambah Turah Panji didampingi tokoh Kerambitan AA Ngurah Adnya Praba, Ketua Tim Relawan Panji-Budi, Ketua Tim Pemenangan Panji-Budi Korcam Kerambitan, Dharma Wiarsa serta Ida Rsi Agung Oka Swabhawa dari Griya Kedaton Kaleran.

Selain menjawab beragam keluhan dan permasalahan seputar pertanian, sosial dan budaya, dan penataan Kota Tabanan agar nyaman dan indah, Turah Panji juga berbicara soal transparansi pengelolaan anggaran guna meningkatkan PAD dan mencegah penyalahgunaan atau kebocoran keuangan daerah melalui program elektronisasi yang terintegrasi dan akuntabel.

“Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang anti korupsi, bersih, transparan dan efektif, kita akan menerapkan e-Government, e-Planning, e-Budgeting, dan sistem pengaduan online terintegrasi dan terukur,” bebernya.

Oleh karena petani di persawahan Tabanan selalu kesulitan memperoleh air untuk bercocok tanam maka sektor pertanian juga akan lebih dioptimalkan melalui perbaikan infrastruktur subak dan sistem pengairan.
“Paket PADI akan mengaktifkan kembali asuransi pertanian, membangun industri pasca panen, pasar induk pertanian, menjamin harga pokok produk pertanian, dan membuat badan sertifikasi produk organik pertanian Tabanan agar bernilai jual tinggi,” pungkas Turah Panji.

Dalam visi-misi Panji-Budi yakni Ngardi Loka Hita Tabanan atau mewujudkan Daerah dan masyarakat Tabanan yang bahagia, baik mikrokosmos maupun makrokosmos, cukup sandang, pangan dan papan yang terdiri dari 14 Program Unggulan. Beberapa diantaranya Program Menuntaskan Jalan Rusak, minimal dalam 4 tahun, memperbaiki seluruh jalan rusak di Tabanan dengan memprioritaskan jalan-jalan di desa yang penting untuk distribusi hasil pertanian.

Selanjutnya Program Jaringan Investasi, membangun jaringan investasi industri pasca panen, serta bisnis pertanian untuk membuka sebanyak-banyaknya lapangan kerja bagi generasi muda Tabanan. Memberikan stimulus dan pelatihan UMKM untuk meningkatkan daya saing pengusaha pemula Tabanan.

Dalam hal Pendidikan, meniadakan biaya-biaya diluar BOS (seperti sumbangan komite sekolah), mencantumkan muatan lokal dalam kurikulum Pendidikan PAUD, SD, SMP dan SMA.

Di sektor Lapangan Kerja, mempermudah pengiriman tenaga kerja keluar negeri, dengan melakukan kerjasama antara pemerintah daerah dan pengguna tenaga kerja.

Guna mendistribusikan segala macam produk, akan dibuat Digital Market Place, menyediakan pasar digital atau e-market place untuk menopang UMKM dan industri kreatif di Tabanan.

Selain itu Menata Kawasan Perkotaan Tabanan, mengembangkan kawasan Perkotaan Tabanan yang modern dan memiliki identitas dan wawasan budaya.

Tak hanya itu, Pengolahan Sampah juga dioptimalkan dengan membuat sistem pengolahan sampah Tabanan berbasis
teknologi ramah lingkungan.

 

Simakrama Berkala, mengadakan simakrama mingguan dan bulanan untuk merespon aspirasi masyarakat Tabanan.

Yang paling ditunggu dan dirindukan masyarakat Tabanan adalah Penataan Catus Pata Kediri, mengembalikan patung Wisnu Murthi di Catuspata Kediri serta menempatkan patung Ir. Soekarno ke tempat yang lebih representatif.

Penguatan Desa Adat, meningkatkan dan memperluas kapasitas kelembagaan untuk
mengakses sumber-sumber ekonomi pembangunan.

Dan yang terakhir dalam hal Program Fasilitas Pariwisata, membangun destinasi wisata baru berbasis budaya dan pertanian dan mengembangkan fasilitas penunjang wisata di Kawasan Pariwisata Tabanan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close