Bali

Jika Menang Pilkada, Panji-Budi Berikrar Sebagai Kepala Pelayan Masyarakat

Cabup Tabanan, AA Ngurah Panji Astika nomor urut 2, saat tatap muka di Kecamatan Pupuan, Sabtu (24/10/2020).

Tabanan (BBN INDONESIA) – Dalam membangun Tabanan seorang pemimpin harus punya 3 prinsip yakni jujur, profesional dan kerja keras dan selanjutnya tidak menganggap diri sebagai murdaning jagat tetapi kepala pelayan masyarakat. Demikian dilontarkan Calon Bupati (Cabup) Tabanan nomor urut 2, AA Ngurah Panji Astika (Panji-Budi) saat tatap muka di rumah Gede Ketut Atmaja, Banjar Batungsel Kelod, Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Sabtu (24/10/2020).

“Kami tidak akan melihat masa lalu. Kami tidak melihat siapa yang salah. Tugas kami adalah bagaimana kita ke depan membangun Tabanan menjadi jauh lebih maju dibandingkan yang sekarang, membangun pola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan melayani masyarakat,” tandas Panji Astika yang dalam Pilkada Tabanan tahun 2020 berpasangan dengan Dewa Nyoman Budiasa ini.

Lebih jauh, Cabup yang kerap disapa Turah Panji ini berharap Pilkada Tabanan 2020 berlangsung kondusif. Mengedepankan adu visi, misi, program, atau kreativitas.

Pilkada tegasnya merupakan ajang melahirkan pemimpin berkualitas dan mampu menciptakan sendi-sendi kehidupan masyarakat yang kokoh dan mandiri melalui Tatanan Baru menuju Tabanan Maju.

“Lewat Pilkada yang bermartabat dan cerdas, masyarakat Tabanan akan bisa menikmati pilkada ini sebagai sebuah pesta demokrasi yang sehat. Jauh dari intrik, intimidasi dan jauh dari politik uang. Dengan visi Panji Budi yakni Ngardi Loka Hita Tabanan, rakyat Tabanan harus bahagia dan sejahtera, cukup sandang, pangan dan papan,” paparnya.

Turah Panji menambahkan jika dirinya memenangkan Pilkada 2020 ini, maka
Tabanan ke depan akan memiliki bupati pekerja yang akan mengubah tatanan layanan masyarakat.

“ASN akan menjadi pelayan masyarakat, bukan dilayani. Jika menang, Panji-Budi meminta masyarakat tak menyebut keduanya sebagai Murdaning Jagat Tabanan tapi Kepala Pelayan Masyarakat Tabanan,” tegas Turah Panji yang juga Ketua Forum Pelestari Budaya Tabanan ini.

Turah Panji menjelaskan bupati adalah milik rakyat dan bukan milik partai.
“Kesetiaan itu adalah pada rakyat. Kesetiaan itu pada negara dan parpol adalah wadah yang sah untuk melahirkan pemimpin berkualitas di Indonesia,” pungkasnya.

Adapun visi misi Panji-Budi yakni Ngardi Loka Hita Tabanan berlandaskan Tri Hita Karana terdiri dari 15 Program Unggulan sbb:

1. PEMERINTAHAN BERSIH DAN TRANSPARAN
Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang anti dan bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dengan menerapkan sistem e-Government, e-Planning, e-Budgeting, e-Ticketing ,dll. Dan juga menyediakan (membuka) layanan sistem pengaduan online yang terintegrasi di semua lini departemen yang ada dalam pemerintahan Tabanan.

2. KARTU TABANAN SEHAT
Menyiapkan 50.000 kartu Tabanan sehat di tahun pertama untuk menjamin kesehatan masyarakat Tabanan yang tidak tercover BPJS. Jaminan kesehatan para Sulinggih Pemangku Kahyangan Tiga, Kahyangan Jagad dan Sad Kahyangan.

3. MENUNTASKAN INFRASTRUKTUR
Khususnya jalan jalan yang rusak diperbaiki,dan semua akses penghubung yang belum tersentuh sama sekali, dengan estimasi waktu minimal 4 tahun dengan memprioritaskan jalan jalan di pedesaan sebagai sarana penghubung distribusi hasil pertanian sehingga lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu dan biaya.

4. PERTANIAN TERINTEGRASI
Memperbaiki infrastruktur Subak dan sistem pengairan, mengaktifkan kembali asuransi pertanian, membangun industri pasca panen, pasar induk pertanian, memproteksi dan menjamin harga pokok pertanian dan membuat badan sertifikasi produk organik pertanian Tabanan.

5. PENDIDIKAN
Meniadakan biaya biaya yang tidak perlu dan tidak jelas arah guna dan peruntukannya, biaya biaya di luar dana BOS, seperti sumbangan Komite Sekolah), mencantumkan muatan lokal dalam kurikulum pendidikan PAUD, SD, SMP dan SMA.

6. JARINGAN INVESTASI
Membangun sistem networking investasi industri pasca panen, serta bisnis pertanian untuk membuka sebanyak banyaknya lapangan kerja bagi generasi muda Tabanan. Memberikan stimulus dan pelatihan serta pendampingan UMKM guna meningkatkan daya saing pengusaha pemula.

7. LAPANGAN KERJA
Mempermudah pengiriman tenaga kerja ke Luar Negeri melalui kerja sama antara pemerintah daerah dan pengguna tenaga kerja.

8. MARKET PLACE
Menyediakan Pasar Digital atau e-Market Place untuk menopang UMKM dan industri kreatif di Tabanan.

9. FASILITAS PARIWISATA
Membangun destinasi wisata baru berbasis budaya dan pertanian serta mengembangkan fasilitas penunjang wisata di kawasan pariwisata Tabanan.

10. PENGUATAN DESA ADAT
Meningkatkan dan memperluas kapasitas kelembagaan untuk mengakses sumber sumber ekonomi pembangunan.

11. MENATA KAWASAN PERKOTAAN TABANAN
Mengembangkan kawasan perkotaan Tabanan yang modern dan memiliki identitas yang berwawasan budaya.

12. PENGOLAHAN SAMPAH
Membuat sistem pengolahan sampah Tabanan berbasis teknologi ramah lingkungan.

13. SIMAKRAMA BERKALA
Mengadakan simakrama mingguan dan bulanan untuk merespon aspirasi masyarakat Tabanan.

14. PENATAAN CATUS PATA KEDIRI
Mengembalikan patung WISNU MURTI di Catus Pata Kediri serta menempatkan patung Ir. Soekarno ke tempat yang lebih representatif dan layak.

15. GENERASI MILENIAL
Menyediakan fasilitas pendukung seperti ruang untuk berkreasi seni, budaya, ide kreatif, digital centre dan olah raga bagi generasi milinial Tabanan untuk mengembangkan potensinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close