Politik

Jamin keamanan siber, DPR: BSSN sediakan aplikasi pertemuan daring

Jakarta (BBN INDONESIA) – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta meminta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyediakan aplikasi pertemuan daring khusus dengan keamanan tinggi bagi unsur pemerintah dan kelengkapan negara lainnya untuk menjamin keamanan dan ketahanan siber di tengah pandemi COVID-19.

“Dalam hal ini mungkin BSSN, untuk menyediakan aplikasi khusus dengan keamanan tinggi bagi unsur pemerintah dan kelengkapan negara lainnya,” kata Sukamta dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya menanggapi terkait masifnya penggunaan aplikasi pertemuan dan video conference secara daring setelah diterapkannya kebijakan Bekerja dari Rumah (WFH).

Sukamta mengusulkan agar BSSN bisa menyediakan atau bahkan membuat sendiri aplikasi serupa yang bisa dan aman digunakan untuk kalangan pemerintahan, presiden, DPR, kabinet, dan lembaga-lembaga negara yang lain.

“Alternatif sementara sekarang ada CloudX buatan Telkomsel anak BUMN Telkom,” ujarnya.

Sukamta menekankan bahwa penting untuk memastikan keamanan negara dalam ranah siber, jangan sampai rapat-rapat pengambilan keputusan bocor karena masih menggunakan aplikasi yang tidak cukup aman.

Dia menginginkan agar aplikasi yang disiapkan memiliki keamanan tinggi standar militer dan kami minta agar bisa diselesaikan dalam waktu dua atau tiga pekan.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close