Internasional

India izinkan ekspor obat anti-malaria setelah Trump ajukan permintaan

New Delhi (BBN INDONESIA) – Kementerian luar negeri India pada Selasa menyampaikan bahwa negara itu akan mengizinkan sejumlah ekspor obat anti-malaria hydroxychloroquine setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak New Delhi untuk melepaskan pasokan obat yang dianggap mungkin untuk pengobatan infeksi virus corona baru (COVID -19) itu.

Pemerintah India sebelumnya telah menahan ekspor hydroxychloroquine (HCQ) serta obat penghilang rasa sakit, parasetamol, dengan alasan India harus memenuhi kebutuhan internalnya.

Namun, Trump berbicara kepada Perdana Menteri Narendra Modi selama akhir pekan untuk meminta pasokan obat dan juga mengisyaratkan bahwa India mungkin akan menghadapi pembalasan bila tidak melepas pasokan.

“Telah diputuskan bahwa India akan melisensikan parasetamol dan HCQ dalam jumlah yang sesuai untuk semua negara tetangga kami yang tergantung pada kemampuan kami,” kata juru bicara kementerian luar negeri India, Anurag Srivastava.

“Kami juga akan memasok obat-obatan esensial ini ke beberapa negara yang sangat terpengaruh oleh pandemi virus corona,” ujarnya.

Sumber: Reuters


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close