Monday, 27-09-2021
Bali

LSPR Bali dan SMSI Bali Sepakat Kerja Sama Pendidikan Jurnalistik

SEPAKAT – Gesille Sedra Buot – Zambrano, MBA (dua dari kiri) selaku Executive Director LSPR didampingi Nurdin Gustaf, dan Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja (dua dari kanan) didampingi I Dewa Made Suta Sastradinata selaku Wakil Ketua SMSI Bali usai menandatangani MoU.

Denpasar (BBN INDONESIA) – Setelah sebelumnya tertunda akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman antara Institut Komunikasi & Bisnis LSPR (London School of Public Relations) Bali dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali akhirnya terlaksana.

Adapun MoU yang telah disepakati kedua belah pihak ini terkait kerja sama profesional di bidang pendidikan dan pengalaman di bidang jurnalistik untuk para mahasiswa di kampus setempat, Kawasan Renon Denpasar, Jumat (03/09/2021).

Dari LSPR Bali diwakili oleh Executive Director IKB LSPR Bali Gesille Sedra Buot Zambrano, MBA, APR dan Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja. Gessile berharap, dengan penandatanganan nota kesepahaman, kedua institusi bisa saling mengisi untuk membangun sumber daya manusia yang ada.

Para pelajar di IKB LSPR Bali, kata Gessile, selanjutnya diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu public relations dan komunikasinya dalam kegiatan jurnalistik secara langsung melalui media-media siber yang tergabung di SMSI Bali.

“Setelah tiga kali tertunda karena PPKM, maka hari ini kita bisa bertemu secara terbatas untuk melakukan seremonial penandatanganan,” ujar Gessile.

Ia juga berharap hubungan kerja sama ini dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Khususnya, untuk mengembangkan dunia ilmu komunikasi di Bali, baik itu dari segi wartawan, public relations, dan profesi-profesi lainnya yang berhubungan dengan Ilmu Komunikasi.

Sementara, Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja memberikan apresiasi tinggi untuk kerja sama yang dilakukan di antara mereka. Emanuel Dewata Oja yang akrab disapa Edo ini mengungkapkan, SMSI menjadi salah satu organisasi konstituen Dewan Pers untuk media siber selain AMSI.

“Banyak media online yang ada di Bali, tapi yang tergabung dalam SMSI hanya 45 media siber. Itu yang terdata sampai sekarang dan ada kemungkinan bertambah lagi,” cetus Edo.

Dalam konteks kolaborasi yang ada, Edo menjelaskan, SMSI memiliki sumber daya pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Hal itu akan mendukung langkah kerja sama yang dilakukan antar kedua lembaga.

“Kami melihat kerjasama ini bagus dengan adanya MoU akan lebih leluasa bekerjasama,” jelas Edo.

Acara penandatanganan MoU berlangsung secara offline di Kampus LSPR Bali Renon dengan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh 5 perwakilan dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali.

MoU dari pihak pertama secara resmi ditandatangani oleh Gesille Sedra Buot – Zambrano, MBA selaku Executive Director LSPR Bali, yang didampingi Nurdin Gustaf sebagai saksi. Di pihak kedua, ditandatangani secara resmi oleh Emanuel Dewata Oja selaku Ketua SMSI Bali, yang didampingi oleh saksi I Dewa Made Suta Sastradinata selaku Wakil Ketua SMSI Bali. (BBN/001)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button