Hukum

Gubernur Sulsel siap tindak tegas pelanggar PSBB

Makassar (BBN INDONESIA) – Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengatakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 siap memberikan tindakan tegas bagi pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai dampak pandemi COVID-19 di Makassar.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam video konferensi di Makassar, Kamis, mengatakan pihaknya terlebih dulu melakukan sosialisasi selama sepekan sebelum penerapan PSBB di ibu kota Sulsel tersebut.

“Penegakan hukum akan terus kita sosialisasikan. Dalam tim Gugus Tugas ada Pak Kapolda dan Pak Danrem,” katanya.

“PSBB harus dijalankan dan kita harus tegas melakukan tindakan hukum bagi yang melanggar,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak keberatan melakukan tindakan tegas kepada pelanggar aturan PSBB demi memutus penularan virus corona baru atau COVID-19.

“Kita tidak main-main. Kita kasihan dengan orang yang sehat, seharusnya sudah beraktivitas tapi karena PDP dan positif (COVID-19) semakin naik maka menjadi ancaman bagi kita,” ujarnya.

Gubernur masih menunggu penyusunan peraturan wali kota (perwali) untuk kemudian menyosialisasikan secara bersama-sama.

“Kita yang pasti tidak akan menyulitkan masyarakat, kecuali memang sumber penularan,” katanya.

Menurut dia, bukan anggaran besar ataupun solidnya tim gugus tugas yang mampu menghentikan penyebaran COVID-19 melainkan yang paling utama adalah adanya kesadaran dari masyarakat.

“Hanya kesadaran dan disiplin yang bisa memutus penyebaran. Orang tanpa gejala (OTG) yang sudah tahu kondisinya, jika naik ojek menulari tukang ojek, naik taksi menulari sopir taksi, dan setelah pulang ke rumah, kasihan istri anak ikut tertular. Makanya saya minta pencerahan dari media untuk menyampaikan,” katanya.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close