Monday, 27-09-2021
Jakarta

DPRD DKI Ajukan Interpelasi Penyelenggaraan Formula E

Jakarta (BBN INDONESIA) – DPRD DKI Jakarta mengajukan Hak Interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta atas penyelenggaraan Formula E. Hal tersebut semata-mata untuk tabayyun atau mencari tahu kebenaran atas commitment fee yang sudah dibayarkan oleh Formula E Operation (FEO) Ltd.

“Kami tidak ada niat untuk menjegal pak Anies atau memakzulkan beliau karena masa jabatannya toh akan habis pada 2022 nanti. Kami bermaksud untuk Tabayyun kalau dalam Islam atas penggunaan uang rakyat ini,” ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo dalam live Instagram FORUM Keadilan, Senin (13/9) malam.

Pria yang akrab disapa Ara ini menyatakan, besaran uang yang sudah disetorkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik dari Dinas Pemuda dan Olahraga serta PT Jakpro senilai Rp560 miliar lebih, sebagaimana yang tertera dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus dipertanggungjawabkan karena menyangkut uang rakyat.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini juga menjelaskan, hal itu jugalah yang menjadi alasan mengapa pihaknya tidak membawa persoalan ini ke penegak hukum.

“Karena kami masih berprasangka baik terhadap pak Anies. Karenanya kami meminta penjelasan atas penyelenggaraan tersebut,” cetus Anggara.

Pria yang disapa Ara ini juga menjelaskan, bahwa forum interpelasi yang diajukan partainya dengan PDI-Perjuangan adalah panggung untuk Anies Baswedan jika ia merupakan orang yang memang pro terhadap transparansi.

“Ini juga merupakan panggung buat pak Anies untuk menjelaskan ini,” ujarnya.

Ara menyebutkan, yang menjadi persoalan atas penyelenggaraan Formula E ini adalah biaya commitment fee yang harus dibayarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama lima tahun berturut-turut. Yang jika ditotal besarannya mencapai Rp2,3 triliun.

“Ini baru biaya commitment fee belum biaya penyelenggaraan dan bank garansi kalau dihitung bisa sampai Rp5 triliun,” jelasnya.

Karenanya, ia bersama dengan anggota DPRD DKI yang lain menuntut kepada PT Jakpro dan Dispora untuk menegosiasi ulang kontrak kerja dengan FEO Ltd. (BBN/012/FK)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button