Monday, 27-09-2021
InternasionalOlahraga

Ditandai Nyala Obor, Kaisar Jepang Naruhito Resmi Buka Olimpiade Tokyo 2020

Tangkapan layar siaran langsung TVRI saat atraksi kembang api usai prosesi penyalaan obor Olimpiade Tokyo dari atas National Olympic Stadium, Jepang, Jumat (23/7/2021) malam.

Jakarta (BBN INDONESIA) – Setelah ditunda setahun akibat pandemi Covid-19, Kaisar Jepang Naruhito akhirnya membuka Olimpiade Tokyo 2020, secara resmi ditandai dengan prosesi menyalakan obor di National Olympic Stadium, Jepang, Jumat (23/7/2021) malam.

“Saya menyatakan membuka Olimpiade Tokyo,” ujar Naruhito seperti dikutip AFP dilansir Antara pada upacara pembukaan yang hanya dihadiri ratusan tamu undangan dan pejabat.

Kaisar Jepang Naruhito membuka secara resmi Olimpiade Tokyo 2020 (foto/Antara)

Tidak seperti kakeknya, Kaisar Hirohito, yang membuka Olimpiade 1964 dengan kata Jepang yang berarti “selamat”, Naruhito memilih kata yang lebih netral dalam bahasa Jepang yang lebih mendekati “memperingati.”

Dalam upacara tersebut, Kaisar Naruhito didampingi oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach yang menyemangati para atlet dari tribun.

“Hari ini adalah momen harapan. Ya sangat berbeda dari apa yang kita semua bayangkan. Tapi akhirnya kita semua di sini bersama,” ucap Bach dalam pidato pembukaan.

Tangkapan layar Petenis Jepang Naomi Osaka menyalakan api di kawah Olimpiade.

“Anda berjuang. Anda bertahan. Anda tidak pernah menyerah. Hari ini Anda membuat impian Olimpiade Anda menjadi kenyataan,” sambung Bach.

Upacara pembukaan Olimpiade yang berlangsung sekitar 3,5 jam resmi ditutup setelah petenis Jepang Naomi Osaka yang terakhir menerima tongkat estafet obor Olimpiade menyalakan api di kawah Olimpiade. (BBN/012/AFP/Ant)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button