Bisnis

Diskop UMKM Kota Bogor dukung Gernas BBI

Bogor (BBN INDONESIA) – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Jawa Barat, mendukung program pemerintah pusat untuk menerapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) guna memberdayakan dan membangkitkan ekonomi rakyat pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba, melalui telepon selulernya di Kota Bogor, Jumat (24/7), mengatakan, selama hampir empat bulan adanya pandemi COVID-19, disadari atau tidak, ekonomi rakyat ikut terpengaruh pada pelambatan sektor ekonomi pada skala nasional.

Menurut Samson, sektor UMKM yang merupakan ekonomi rakyat harus dibentuk untuk mempertahankan perekonomian rakyat tetap stabil. “Karena itu, kami mendukung program pemerintah pusat untuk menerapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” katanya.

Samson menjelaskan, salah program yang dilakukan Dinas UMKM Kota Bogor adalah memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk melalui kreativitas dan inovasi.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor juga menggandeng perbankan dan korporasi swasta sebagai mitra untuk membantu permodalan dan pemasaran produk dari pelaku UMKM.

“Kami memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM untuk memiliki mental yang kuat serta jiwa wirausahawan dalam menjalankan usahanya,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Infomatika meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema #KitaBelaKitaBeli.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, di Jakarta, Kamis (16/7), menyatakan, Gernas BBI merupakan titik penting bagi kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ultra Mikro (UMKM/UMi).

“Gernas BBI hadir untuk mendorong transformasi digital UMKM/UMi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), melalui pemberian stimulus maupun fasilitasi UMKM dan Ultra Mikro,” katanya.

Menurut Johnny G Plate, Gernas BBI hadir untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia guna semakin memanfaatkan teknologi dan membeli produk UMKM/UMi dalam negeri.

“Terkait tujuan tersebut, Kementerian Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk ikut dalam kampanye #KitaBelaKitaBeli sebagai bagian dari Gernas BBI,” katanya.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close