Monday, 27-09-2021
Bali

Ciptakan Clean Government, Panji-Budi Akan Terapkan e-Budgeting

Cabup Tabanan nomor urut 2, AA Ngurah Panji Astika yang identik dengan jargon Perubahan memaparkan program unggulan saat tatap muka bersama masyarakat Delod Peken Tabanan di Puri Anyar Tabanan, Minggu (25/10/2020).

Tabanan (BBN INDONESIA) – E-budgeting merupakan singkatan dari elektronik budgeting atau dalam Bahasa Indonesia seringkali disebut dengan anggaran elektronik atau anggaran yang disusun secara digital, baik itu melalui web maupun melalui aplikasi. e-budgeting, e-ticketing dan e-planning merupakan salah satu dari 15 program ungulan yang akan ditawarkan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan nomor urut 2 dalam Pilkada Serentak tahun 2020, AA Ngurah Panji Astika dan Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi).

Program e-budgeting dan e-ticketing ini bagian dari e-goverment untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam budgeting atau penggunaan anggaran APBD Tabanan. Demikian disampaikan Calon Bupati (Cabup) Tabanan AA Ngurah Panji Astika saat acara tatap muka dengan masyarakat Delod Peken Tabanan di Puri Anyar Tabanan, Jl. Kamboja Tabanan, Minggu (25/10/2020).

Hadir mendampingi Cabup Tabanan yang kerap disapa Turah Panji ini antara lain, politisi Partai Golkar yang juga Wakil Ketua DPRD Tabanan Ni Made Meliani, Ketua Tim Pemenangan Panji Budi Made Asta Dharma, istri dari Cabup Panji Astika AA Sagung Mas Dewi Rahmayani, Panglingsir Puri Anyar I Gusti Ngurah Agung Darma Wijaya dan I Gusti Ngurah Mayun Niksana, Panglingsir Puri Dangin Tabanan I Gusti Ngurah Alit Wedasmara, tokoh Puri Agung Kerambitan AA Ngurah Raka Budhiyasa, panglingsir Jro Tambangan I Gusti Ngurah Alit Sudana dan Ketua Tim Relawan Panji-Budi Kabupaten Tabanan AA Ngurah Gede Puja Utama.

“Untuk menciptakan Clean Government atau pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas korupsi, salah satunya butuh penerapan e-budgeting. Istilah ini bisa juga diartikan sebagai sistem keuangan yang berupa seluruh dokumentasi keuangan pemerintah ditampilkan secara online dan bisa diakses oleh siapa saja yang memiliki kebutuhan atau kaitan di dalamnya termasuk melalui telepon genggam masyarakat Tabanan. Jadi semuanya jujur, transparan dan tak ada yang ditutup-tutupi.

Masyarakat mengetahui berapa jumlah APBD, dipakai belanja apa saja, apa kegiatan SKPD, berapa jumlah PAD Tabanan dan dialokasikan untuk apa saja akan segera bisa dicek melalui handphone kita. Apakah kita yang ada di sini selama ini tahu berapa jumlah APBD dan PAD Tabanan?,” tanya Turah Panji yang lulusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya tersebut kepada warga yang hadir.

“Tidak tahu,” jawab warga kompak.

Turah Panji kemudian mengungkapkan APBD Tabanan Tahun Anggaran 2020 senilai Rp. 2,1 triliun tetapi sangat sedikit diketahui oleh masyarakat Tabanan karena keterbatasan akses informasi dan kurangnya transparansi.

“Uang sebanyak itu sama dengan 2.100 miliar. Menurut data, Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada APBD 2019 senilai Rp 398,2 miliar, dan untuk tahun 2020 ditarget Rp 388,4 miliar atau turun sekitar Rp 9,7 miliar dengan alasan pandemi Covid-19,” terang Turah Panji yang berlatar belakang pengusaha ini.

Jika anggaran tersebut dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dan benar menurut Turah Panji mestinya perbaikan jalan rusak, pembangunan infrastruktur pertanian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabanan di segala bidang bisa dilakukan dengan optimal.

Dalam kesempatan tersebut anggota dewan dari partai ‘pohon beringin’ Ni Made Meliani menegaskan dirinya bekerja dengan serius untuk mendukung dan memenangkan Paket Panji-Budi sebagai Pemimpin Tabanan yang baru.

“Tak usah khawatir dengan saya. Pokoknya saya sudah bergerak dan komit untuk memenangkan Panji-Budi demi Perubahan Tabanan yang lebih baik. Panji Budi pasti menang,” pekiknya disambut yel-yel warga Delod Peken Tabanan dan semeton puri.

Dalam Pilkada Tabanan tahun 2020 ini Paket Panji-Budi atau PADI ini mengusung visi Ngardi Loka Hita Tabanan atau mewujudkan daerah dan masyarakat Tabanan yang bahagia dan sejahtera cukup sandang, pangan dan papan berlandaskan Tri Hita Karana.

Paket Panji-Budi nomor urut 2 yang diusul oleh partai koalisi Golkar, NasDem, Demokrat serta didukung Hanura dan PPP ini tergabung dalam Koalisi Tabanan Maju.

Misi Panji-Budi diejawantahkan dalam 15 Program Unggulan melalui Tatanan Baru menuju Tabanan Baru sbb:

1. PEMERINTAHAN BERSIH DAN TRANSPARAN
Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang anti dan bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dengan menerapkan sistem e-Government, e-Planning, e-Budgeting, e-Ticketing, dll. Dan juga menyediakan (membuka) layanan sistem pengaduan online yang terintegrasi di semua lini departemen yang ada dalam pemerintahan Tabanan.

2. KARTU TABANAN SEHAT
Menyiapkan 50.000 kartu Tabanan sehat di tahun pertama untuk menjamin kesehatan masyarakat Tabanan yang tidak tercover BPJS. Jaminan kesehatan para Sulinggih Pemangku Kahyangan Tiga, Kahyangan Jagad dan Sad Kahyangan.

3. MENUNTASKAN INFRASTRUKTUR
Khususnya jalan jalan yang rusak diperbaiki,dan semua akses penghubung yang belum tersentuh sama sekali, dengan estimasi waktu minimal 4 tahun dengan memprioritaskan jalan jalan di pedesaan sebagai sarana penghubung distribusi hasil pertanian sehingga lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu dan biaya.

4. PERTANIAN TERINTEGRASI
Memperbaiki infrastruktur Subak dan sistem pengairan, mengaktifkan kembali asuransi pertanian, membangun industri pasca panen, pasar induk pertanian, memproteksi dan menjamin harga pokok pertanian dan membuat badan sertifikasi produk organik pertanian Tabanan.

5. PENDIDIKAN
Meniadakan biaya biaya yang tidak perlu dan tidak jelas arah guna dan peruntukannya, biaya biaya di luar dana BOS, seperti sumbangan Komite Sekolah), mencantumkan muatan lokal dalam kurikulum pendidikan PAUD, SD, SMP dan SMA.

6. JARINGAN INVESTASI
Membangun sistem networking investasi industri pasca panen, serta bisnis pertanian untuk membuka sebanyak banyaknya lapangan kerja bagi generasi muda Tabanan. Memberikan stimulus dan pelatihan serta pendampingan UMKM guna meningkatkan daya saing pengusaha pemula.

7. LAPANGAN KERJA
Mempermudah pengiriman tenaga kerja ke Luar Negeri melalui kerja sama antara pemerintah daerah dan pengguna tenaga kerja.

8. MARKET PLACE
Menyediakan Pasar Digital atau e-Market Place untuk menopang UMKM dan industri kreatif di Tabanan.

9. FASILITAS PARIWISATA
Membangun destinasi wisata baru berbasis budaya dan pertanian serta mengembangkan fasilitas penunjang wisata di kawasan pariwisata Tabanan.

10. PENGUATAN DESA ADAT
Meningkatkan dan memperluas kapasitas kelembagaan untuk mengakses sumber sumber ekonomi pembangunan.

11. MENATA KAWASAN PERKOTAAN TABANAN
Mengembangkan kawasan perkotaan Tabanan yang modern dan memiliki identitas yang berwawasan budaya.

12. PENGOLAHAN SAMPAH
Membuat sistem pengolahan sampah Tabanan berbasis teknologi ramah lingkungan.

13. SIMAKRAMA BERKALA
Mengadakan simakrama mingguan dan bulanan untuk merespon aspirasi masyarakat Tabanan.

14. PENATAAN CATUS PATA KEDIRI
Mengembalikan patung WISNU MURTI di Catus Pata Kediri serta menempatkan patung Ir. Soekarno ke tempat yang lebih representatif dan layak.

15. GENERASI MILENIAL
Menyediakan fasilitas pendukung seperti ruang untuk berkreasi seni, budaya, ide kreatif, digital centre dan olah raga bagi generasi milenial Tabanan untuk mengembangkan potensinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button