Monday, 27-09-2021
Bali

Bebas Bersyarat, Imigrasi Denpasar Segera Deportasi WNA Jerman

Denpasar (BBN INDONESIA) – Warga negara asing (WNA) asal Jerman bernama Dielenschneider Tim bakal dideportasi ke negaranya setelah menjalani bimbingan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Denpasar, Bali.

Kantor Kemenkumham Bali melalui  Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar telah melaksanakan kegiatan penjemputan 1 (satu) Warga Negara Jerman dari Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar. Selasa (31/08) kemarin.

“Dalam penjemputan WNA Rusia ini berkoordinasi langsung dengan Balai Pemasyarakatan Kelas I  Denpasar yang menjadi tempat bimbingan warga negara asing tersebut,” jelas Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk.

Dielenschneider Tim yang berasal dari negara Jerman menggunakan paspor berlaku 06 Juni 2016 s/d 05 Juni 2026 sebelumnya yang bersangkutan terbukti telah melanggar Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 112 Ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dia terbukti melakukan tindak pidana narkotika karena menyimpan ganja dan dijatuhkan pidana selama 4 tahun, serta denda Rp1.000.000.000 (satu milyar rupiah) subsider 3 bulan.

Tim ditangkap di Perumahan Pering River Gianyar oleh Polda Bali. Dia sempat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kerobokan, kemudian dipindahkan ke Rumah Tahanan Negara Kelas II B Gianyar, dan terakhir dilimpahkan ke Rutan Bangli hingga vonis.

“Sebelum bebas, Tim sempat ditahan juga di Lapas Narkotika Kelas II A Bangli dan kemudian diserahterimakan sebagai klien Bapas Kelas I Denpasar setelah mendapatkan pembebasan bersyarat pada tanggal 27 Mei 2020,” imbuh Kakanwil.

Tim dinyatakan telah resmi bebas dari Bapas Kelas I Denpasar berdasarkan Surat Keterangan Bebas tanggal 31 Agustus 2021 yang selanjutnya diserahterimakan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dilakukan pendetensian (penampungan sementara orang asing-red) guna menunggu proses pendeportasian ke negara asalnya.

Selanjutnya, yang bersangkutan dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dilakukan pendetensian. “Setibanya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar dilakukan pemeriksaan barang bawaan yang bersangkutan dan dilakukan pengambilan keterangan serta pendetensian kepada yang bersangkutan hingga dilakukan proses pendeportasian,” pungkas Jamaruli. (BBN/001)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button