Bisnis

Bantu warga terdampak corona, Pemkab Bangka Barat siapkan pasar murah

Mentok, Babel (BBN INDONESIA) – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan pasar murah untuk membantu warga kurang mampu dan terdampak pandemi virus corona baru (COVID-19).

“Rencananya digelar tiga kali, pada tahap pertama akan dilaksanakan pada pertengahan Mei, kemudian Juni dan Juli 2020 dengan menyediakan paket berisi bahan pangan pokok dan daging,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Miwani di Mentok, Kamis.

Tahun ini, Pemkab Bangka Barat menganggarkan Rp973.500.000 untuk bantuan daging dan Rp3.276.900.000 untuk bantuan bahan pangan pokok lainnya.

Pelaksanaan pasar murah tersebut merupakan salah satu upaya nyata dari pemerintah daerah setempat untuk membantu warga kurang mampu dan membutuhkan, terutama mereka yang terdampak secara langsung pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini.

“Rencananya dilaksanakan sesuai jadwal, namun kami masih menunggu jika ada perubahan, yang pasti saat ini sudah ada kontrak dengan penyedia,” katanya.

Pola penyaluran bantuan tersebut, kata dia, penyedia akan langsung mendistribusikan paket sembako ke desa, kemudian pemerintah desa akan membagikan kepada warga yang sudah terdaftar.

Sebelumnya, pihak desa telah melakukan pendataan dan memberikan kupon untuk ditukar paket bantuan seharga Rp165.000 yang berisi lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng, 12 bungkus mi instan.

“Penerima hanya dibebani Rp30.000 untuk satu paket bantuan bahan pangan pokok tersebut, kami berharap pola ini bisa memberikan keringanan bagi para penerima,” katanya.

Pemkab Bangka Barat juga akan menyediakan bantuan daging senilai Rp140.000 per paket yang akan ditukar kupon dengan harga Rp30.000.

“Untuk tahap pertama disediakan sebanyak 6.600 paket bahan pangan pokok dan 6.600 paket daging yang akan dibagikan ke 66 desa/kelurahan, masing-masing mendapatkan jatah 100 paket,” katanya.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close