Friday, 03-12-2021
Bali

Aparat TNI Hadang 2 Mobil Angkut Kayu Sonokeling Ilegal

Buleleng (BBN INDONESIA) – Dua kendaraan roda empat yang mengangkut kayu sonokeling ilegal di dua tempat berbeda dihadang oleh anggota TNI. Peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Seririt dan Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Guna proses hukum lebih lanjut, anggota TNI kemudian menyerahkan para pelaku ke pihak kepolisian.

Pasi Intel Kodim 1609/Buleleng, Lettu Arh. Putu Darma Setiawan, AMd saat dikonfirmasi menjelaskan penghadangan pertama pada Rabu (20/10) pukul 01.30 Wita di perempatan jalan Desa Banjar Asem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Mobil yang dihadang yakni mobil Isuzu L300, nopol DK 9845 UR yang mengangkut kayu sonokeling 45 batang yang sudah dipotong-potong dengan panjang 1 sampai 1,5 meter dan diameter 20 cm.

Diterangkan pula, penghadangan itu dilakukan karena sebelumnya pada Selasa (19/10) pukul 20.00 Wita, Pasi Intel Korem 163/WSA, Mayor Inf Wayan Notes, menerima informasi dari masyarakat Desa Pangkung Paruk bahwa akan ada pengangkutan kayu sonokeling di Desa Pangkung Paruk. Lantas Pasi Intel mengambil langkah untuk bergerak menuju Singaraja pada pukul 21.00 Wita.

Dijelaskan, pada Rabu (20/10) pukul 00.30 Wita, Pasi Intel Korem 163/WSA tiba di perempatan Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt dan menunggu infomasi dari warga. Dan pada pukul 01.30 Wita, Pasi Intel Korem 163/WSA mendapat informasi dari warga bahwa mobil yang mengangkut kayu sonokeling telah berangkat dari lokasi pengangkutan kayu.

Tanpa menunggu waktu lama, Pasi Intel Korem 163/WSA lantas berangkat menuju perempatan jalan Desa Banjarasem. Sesampai di lokasi, Pasi Intel Korem 163/WSA menghadang mobil L300 bersama anggota Unit Intel Kodim 1609/Buleleng, Sertu Ketut Sudarma Yasa.

Pelaku yang membawa mobil atas nama Parman (40) dari Banjar Dinas Sumberklampok, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Sementara pendamping sopir yakni Taufik (35), alamat Banjar Dinas Sumberklampok, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.
“Pada pukul 02.30 Wita barang bukti beserta sopir dan pendamping sopir dibawa ke Polsek Seririt, dikawal oleh Panit 1 Opsnal Polsek Seririt, Ipda Ketut Wijana beserta 2 orang anggota,” terang Lettu Darma Setiawan.

Permasalahan tersebut kini ditangani oleh Polsek Seririt untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” jelas Lettu Putu Darma. Menurutnya, pembalakan/penebangan kayu sonokeling tersebut sudah lama dilakukan sekitar 2 minggu yang lalu di hutan Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt. Namun, Pasi Intel Korem 163/WSA masih menunggu informasi kapan mau diangkut kayu tersebut. Setelah mendapatkan informasi bahwa akan ada pengangkutan, Pasi Intel Korem 163/WSA menuju Singaraja.

Yang kedua, imbuh Pasi Intel Kodim 1609/Buleleng, penghadangan mobil yang mengangkut 71 batang kayu jenis sonokeling yang dilakukan anggota Koramil 1609-08/Gerokgak Serma Nyoman Sarka. Menurutnya, penghadangan terjadi pada Rabu (20/10) pukul 01.00 Wita di Banjar Dinas Pucaksari, Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Kronologi penghadangan dimulai pada Rabu (19/10) 2021 pukul 20.00 Wita anggota Koramil 1609-08/Gerokgak, Serma Nyoman Sarka, sedang ngobrol bersama kakaknya di teras depan rumah. Tiba-tiba kendaraan Grandmax nopol DK 8275 BH yang dikendarai Ahmad Reza Yusuf melintas dengan membawa kayu jenis sonokeling. Serma Nyoman Sarka mengejar mobil tersebut dengan berlari sambil teriak agar berhenti, namun mobil tersebut tidak mau berhenti.

Beberapa saat kemudian Serma Nyoman Sarka kembali ke rumah mengambil motor untuk mengejar mobil tersebut. Sampai di jalan sawah-sawah Serma Nyoman Sarka berhasil menghentikan mobil tersebut, dan memeriksa barang yang diangkut. Ternyata benar yang diangkut adalah kayu sonokeling. Serma Nyoman Sarka melaporkan kejadian tersebut kepada Danramil 1609-08/Gerokgak. Mobil tersebut dibawa ke Koramil 1609-/Gerokgak untuk menunggu Danramil tiba.

“Sekitar pukul 04.00 Wita mobil beserta kayu sonokeling sebanyak 71 batang dengan panjang 1 – 1,5 meter dengan diameter 20 cm dibawa ke Polsek Gerokgak untuk ditindaklanjuti dan diproses hukum lebih lanjut,” pungkas Pasi Intel Kodim. (BBN/009)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button