BalapOlahraga

Alex Zanardi Dipindahkan Ke Pusat Pemulihan Khusus

Pebalap paralimpiade asal Italia Alex Zanardi.
Jakarta (ANTARA) – Eks pebalap Formula 1 dan juara Paralimpiade Alex Zanardi dipindahkan ke pusat pemulihan khusus setelah satu bulan mengalami cedera kepala yang ia didapati ketika kecelakaan balapan handbike di Italia.

Pebalap berusia 53 tahun asal Italia itu dalam keadaan koma terinduksi dan telah menjalani tiga operasi di rumah sakit Santa Maria alle Scotte di Siena setelah kecelakaan yang terjadi di jalan raya di dekat kota itu pada 19 Juni.

“Stabilitas dari kondisi klinis dan gambaran neurologis memungkinkan pemindahan sang juara ke pusat khusus untuk pemulihan dan rehabilitasi fungsional,” demikian pernyataan rumah sakit seperti dilansir Reuters, Selasa.

“Alex Zanardi oleh karena itu dipindahkan hari ini ke fasilitas lain.”

Zanardi merupakan sosok merupakan sosok menginspirasi di dunia balap otomotif dan Paralimpiade, setelah bangkit dari peristiwa yang mengubah hidupnya.

Zanardi pernah meraih dua gelar di kejuaraan Champ Car di Amerika Serikat sebelum mendapati kedua kakinya diamputasi karena mengalami kecelakaan di trek Lausitzring, Jerman, pada tahun 2001.

Ia harus kehilangan kakinya dari atas lutut dan jantungnya sempat berhenti tujuh kali karena tersisa hanya satu liter darah di tubuhnya setelah kecelakaan tersebut.

Pebalap kebangsaan Italia itu lantas menjadi atlet parasepeda dan memboyong empat medali Paralimpiade dari handbike pada 2012 dan 2016 selain tambahan dua medali perak, dan sepuluh gelar juara dunia.

Di ajang F1, Zanardi tercatat menjalani 41 balapan dari 1991 hingga 1994, membela tim Jordan, Minardi, dan Lotus, kemudian pada tahun 1999 dia kembali ke trek bersama tim Williams. (bbn/ant)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close