Politik

AHY tunjuk milenial kawal kepengurusan harian Partai Demokrat

Jakarta (BBN INDONESIA) – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunjuk milenial untuk mengawal kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat masa bakti 2020-2025.

“Rata-rata usia pengurus adalah 42 tahun, artinya hampir sama dengan usia saya sebagai Ketua Umum,” kata AHY dalam video instagram yang dirilis di Jakarta, Rabu malam (15/4/2020).

AHY mengatakan usia pengurus DPP Partai Demokrat yang termuda adalah 22 tahun dan yang tertua adalah 60 tahun.

Putra sulung Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu juga merekrut kader muda yang potensial dari lulusan universitas terbaik dalam negeri maupun luar negeri dari jenjang magister sampai jenjang doktoral.

Secara garis besar, struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat terbagi dua bagian, terdiri dari Pengurus Harian dan Pengurus Pleno.

Pengurus harian berjumlah 100 orang sedangkan pengurus pleno adalah jumlah pengurus harian ditambah 100 orang lainnya.

“Komposisi pengurus harian diutamakan diisi oleh kader lama Partai Demokrat, atau yang telah berkontribusi selama ini pada perjuangan partai,” kata AHY.

AHY mengatakan struktur organisasi kepengurusan DPP Partai Demokrat dibentuk dengan prinsip profesional, efektif, efisien, dan modern.

“Tidak ada rangkap jabatan dalam struktur partai, apakah itu rangkap jabatan antar-eselon, maupun juga di dalam eselon yang sama. Dengan demikian, kami bisa fokus pada peran dan posisi masing-masing,” kata AHY.

Ia juga menetapkan posisi para senior, yang tidak masuk struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat, akan diperankan ke dalam struktur lainnya yaitu Majelis Tinggi Partai, Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Kehormatan Partai, dan Mahkamah Partai.

Ketetapan itu dibuat agar para kader senior dapat terus berkontribusi menuangkan pemikiran politiknya dan juga memberikan masukan kepada Pengurus Struktural Partai Demokrat.

“Kami tentu tetap membutuhkan peran serta kontribusi pemikiran, termasuk juga masukan-masukan yang berarti dari para kader senior Partai Demokrat,” kata AHY.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close